Desain
Oct20

5 Trik Mendekorasi Rumah Sempit Berbentuk Memanjang

Kesulitan mendekorasi rumah sempit berbentuk memanjang? Pada dasarnya, semua hunian berbentuk sempit butuh penanganan supaya terlihat lebih luas tanpa mengesampingkan sisi kenyamanannya. Masalah muncul ketika kita membutuhkan perabotan, sementara ruangan tidak cukup muat menampungnya.

Namun dengan trik-trik berikut ini, anda tetap bisa memiliki tempat tinggal yang nyaman meski di rumah sempit sekalipun.

Trik 1 : Minimalkan Partisi

rumah-sempit-memanjang.jpg

Semakin banyak jumlah partisi di rumah anda, maka luasnya akan semakin menyusut karena telah dibagi-bagi. Hasilnya rumah pun terasa semakin sempit. Sebaliknya, rumah dengan sekat seperlunya maka akan terasa lebih luas. Untuk rumah ukuran kecil, partisi hanya diperlukan pada kamar mandi dan kamar tidur. Itupun dilakukan dengan membuat partisi yang tidak terlalu memakan ruangan.

Trik 2 : Manfaatkan Area Vertikal

desain-rumah-sempit-memanjang.jpg

Setiap rumah membutuhkan media penyimpanan seperti lemari untuk menjaga suasananya agar tetap rapi. Namun apabila keliru dalam penerapannya, kehadiran media penyimpanan ini justru akan menyesaki interior anda. Solusinya, anda dapat menambahkan lemari setinggi plafon (± 2,5 meter) dengan body yang ramping. Pemanfaatan area vertikal ini tetap mampu menampung segala barang-barang tanpa memakan ruang yang banyak.

Trik 3 : Maksimalkan Cahaya Ruangan

dekorasi-rumah-sempit-memanjang.jpg

Ruangan yang terang akan terlihat lebih lega ketimbang ruangan yang redup. Hal ini dikarenakan cahaya mampu menciptakan kesan interior yang terbuka. Di sini, anda bisa memainkan dekorasi dengan membuat bukaan yang lebih banyak. Namun apabila hal ini tidak memungkinkan, anda dapat memasang lampu LED di beberapa titik ruangan. Gunakan lampu berjenis dimmer sehingga tingkat cahayanya bisa diatur dengan mudah. Selain itu, pastikan juga penempatan barang-barang tidak menghalangi cahaya lampu.

Trik 4 : Sembunyikan Perabotan Anda

tips-rumah-sempit-memanjang.jpg

Agar ruangan terasa semakin nyaman, buat suasananya terasa lega. Di sini anda dapat membuat furniture dengan bentuk sedemikian rupa agar mudah disimpan di dalam lemari. Jadi, ketika meja dan kursi tersebut sedang tidak digunakan, maka perabotan-perabotan ini bisa dimasukkan ke dalam lemari.

Jangan sia-siakan juga kolong ranjang tidur menganggur begitu saja. Anda dapat menggunakannya sebagai lemari yang kreatif sebagai pengganti lemari pakaian anda.

Trik 5 : Percayakan pada Furniture Modern

inspirasi-rumah-sempit-memanjang.jpg

Furniture modern selalu tampil dengan ukuran yang ramping dan sifatnya yang multifungsi. Model furniture ini paling tepat digunakan pada rumah sempit yang memang ruangannya sangat terbatas. Selain itu, bentuknya yang unik dan futuristik juga sekaligus bisa menjadi aksesoris ruangan. Hanya saja, anda tetap perlu memperhatikan jumlah furniture yang dibutuhkan dan tidak membeli pernak-pernik yang tidak perlu.