Desain
Oct21

5 Tips Menciptakan Rumah yang Bebas Stres

Setiap orang selalu menginginkan suasana rumahnya bebas stres. Sebuah rumah yang terasa menenangkan dan mampu menghapus kepenatan setelah seharian disibukkan dengan pekerjaan. Tapi, bagaimana caranya?

1. Kurangi Tumpukan Barang

desain-rumah-bebas-stres.jpg

Tahukah anda, setiap kali anda menyingkirkan benda-benda yang menumpuk, anda akan merasa lebih bahagia. Hal ini dikarenakan munculnya suasana yang melegakan dari ruangan yang telah dirapikan tersebut. Hindari kebiasaan menumpuk barang begitu saja dengan cara menyediakan tempat/box khusus.

2. Hadirkan Tanaman di Dalam Rumah

tips-desain-rumah-bebas-stres.jpg

Seperti yang pernah kami bahas di sini, pada dasarnya setiap manusia akan merasa nyaman jika berada di sekitar pohon. Karena itu, cukup dengan memasukkan sebuah tanaman ke dalam rumah, anda bisa merasa lebih tenang. Pilihlah jenis tanaman sukulen (tanaman dengan batang yang tidak berkayu), seperti adenium, lidah buaya, anggrek, dan lidah mertua. Tanaman berjenis ini mampu menghadirkan pola dan tekstur tambahan serta sanggup menjaga kualitas udara dan menghilangkan toksin.

3. Gunakan Warna-warna Dingin

inspirasi-desain-rumah-bebas-stres.jpg

Warna dingin seperti biru, teal, dan hijau mampu menghasilkan perasaan rumah yang lapang dan menyambut. Anda bisa memadukannya bersama warna pastel agar terlihat semakin lembut. Sebagai aksennya, berikan sedikit warna hitam sehingga nampak modern.

4. Pencahayaan yang Tersebar

desain-rumah-modern-bebas-stres.jpg

Kebanyakan masyarakat Indonesia hanya memasang sebuah lampu untuk satu ruangan, yaitu tepat di tengah-tengah ruangan. Padahal jika lampu yang digunakan terlalu terang, maka seseorang yang berada di bawahnya akan merasa pusing. Alternatif yang lebih baik, anda bisa menyebar pencahayaan ini di titik-titik yang tepat. Gunakan berbagai macam lampu tambahan seperti lampu dinding, lampu meja, lampu belajar, dan lampu lantai.

5. Ciptakan Pola Simetris

ide-desain-rumah-bebas-stres.jpg

Khusus bagi anda yang berkepribadian perfeksionis, kesan berantakan sedikit saja mampu menimbulkan stres. Solusinya anda dapat mendekorasi interior berpola simetris. Pola ini mudah dibuat, dan kesan rapi yang dimilikinya pun sangat kuat.