Desain
Sep10

5 Tips Membangun Desain Rumah Hemat Energi

desain-rumah-hemat-energi.jpg

Secara garis besar, rumah hemat energi merupakan rumah yang menitikberatkan pada penggunaan sumber daya energi secara efektif. Rumah didesain secerdas mungkin agar penggunaan energi di dalamnya bisa ditekan, namun tetap mengutamakan kenyamanan. Ada banyak elemen yang bisa diolah untuk mewujudkan rumah seperti ini. Berikut ini lima di antaranya :

1. Hindari Arah Barat

Seperti yang pernah kami bahas di sini, rumah yang menghadap ke barat mengakibatkan banyak matahari siang yang bisa memasuki interior rumah tersebut. Akibatnya rumah pun terasa lebih panas. Solusi untuk mengatasi hal ini, anda dapat menanam beberapa pepohonan di depan rumah sebagai penghalang matahari. Sedangkan untuk rumah dengan lahan terbatas, cobalah mendirikan kanopi di bagian depan rumah.

2. Maksimalkan Sisi Utara dan Selatan

Sebaiknya, pembangunan ruangan dilakukan pada bagian utara dan selatan rumah, bukan barat dan timur. Bidang bagian utara dan selatan ini akan meminimalisir masuknya sinar matahari langsung ke dalam ruangan. Alhasil, suhu di rumah pun cenderung tetap stabil.

3. Sediakan Ventilasi dan Jendela

Udara yang terjebak di interior rumah akan mengakibatkan kadar karbondioksidanya meningkat. Suhu ruangan pun menjadi naik. Agar hal ini tidak terjadi, pastikan anda membangun jendela di setiap ruangan, atau minimal ventilasi sebagai jalur pertukaran udara. Tambahkan kanopi pada bagian atas jendela/ventilasi ini sebagai penghalang terik mentari.

4. Alat Elektronik Hemat Energi

Penggunaan alat elektronik memang tidak bisa dilepaskan dari gaya hidup modern. Namun, pastikan anda menggunakan perangkat yang berlabel hemat energi agar penggunaan listriknya lebih efisien. Selain ramah lingkungan, peralatan yang hemat energi ini juga lebih ramah di kantong.

5. Gunakan Air Sehemat Mungkin

Salah satu efek global warming yang kini sudah dirasakan adalah sulitnya mendapatkan air bersih. Oleh karena itu, pemakaian air PAM dan air tanah di rumah anda harus dilakukan sehemat mungkin. Pastikan anda sekeluarga tidak menyia-nyiakan keberadaan air di rumah anda. Jika memungkinkan, anda bisa menyediakan bak penampung air hujan untuk memenuhi kebutuhan MCK sehari-hari.