Desain
Jan31

5 Tips Desain Ruang Tamu agar Terlihat Luas

Bagaimana cara mendesain ruang tamu agar terlihat luas? Ruang tamu merupakan ruangan pertama yang akan dinilai seseorang pada rumah anda. Kesan yang terasa di ruangan ini akan sangat menentukan bagaimana suasana di rumah secara keseluruhan.

Dalam beberapa kasus, ruang tamu yang sempit biasanya terasa kurang nyaman. Lebih-lebih jika ruangan tersebut tidak dilengkapi ventilasi udara, interiornya akan terlihat gelap dan pengap. Satu-satunya jalan keluar adalah membuat tampilannya terlihat lebih luas dari ukuran sebenarnya.

ruang-tamu-agar-terlihat-luas.jpg

Ruang Tamu Sempit yang Terlihat Luas

Apa saja yang bisa diperbuat agar ruang tamu terlihat luas?

1. Penggunaan Cat Dinding Berwarna Putih

Warna putih terbukti mampu meneruskan cahaya dengan baik. Pun warna ini juga tetap nyaman di mata dan tidak ngejreng. Itu sebabnya, penerapan warna putih di dinding ruang tamu akan menciptakan kesan interior yang lebih luas. Agar tidak membosankan, pilihlah nuansa lain dari warna putih yang anda sukai. Misalnya putih kekuningan, putih kehijauan, putih kebiruan, atau putih kecokelatan.

2. Pastikan Ruangan Disinari Cahaya Penuh

Selain pewarnaan, aspek pencahayaan juga berpengaruh besar pada desain ruang tamu anda. Pencahayaan yang penuh akan mengesankan seolah interior menyatu dengan lingkungan sekitar. Khusus untuk menghadirkan perasaan lapang, cobalah memainkan pencahayaan warna putih. Hindari memfokuskan cahaya pada satu titik, melainkan gunakanlah teknik pencahayaan yang menyebar sehingga penglihatan bisa bebas bergerilia ke seluruh sudut ruang tamu.

3. Pilih Furnitur Berbahan Kaca

Kaca merupakan bahan material yang tembus pandang. Sifatnya yang transparan ini memungkinkan furnitur berbahan kaca seolah tidak ada, sehingga keberadaannya tidak menyesaki ruangan. Aplikasikan bahan kaca ini mulai dari meja tamu hingga lemari pajangan. Lebih bagus lagi jika ruang tamu anda dilengkapi jendela ukuran besar berbahan kaca polos, sekaligus sebagai ventilasi ruangan.

4. Hadirkan Cermin di Sekitar Focal Point

Bedanya dengan kaca, cermin ini mampu memantulkan bayangan yang mengenainya, hasilnya akan tercipta ruangan semu di balik permukaannya. Maka dari itu, anda bisa memanfaatkan sifat cermin ini untuk menambah luas ruang tamu. Gantungkan lah cermin ukuran besar di salah satu sudut ruangan. Akan lebih efektif lagi bila cermin diletakkan di sekitar focal point, misalnya di atas televisi, di samping sofa, atau menggantung di lorong ruangan.

5. Usung Desain Ruangan Khas Minimalis

Desain minimalis berfokus pada fungsi ruangan yang sekaligus mempunyai nilai estetika tersendiri. Kekhasan dari desain ini adalah tampilannya yang bersih dan sederhana berkat keminimalisan penataan ruangannya. Anda yang ingin ruang tamunya terlihat luas, sangat disarankan mengusung desain ruang tamu minimalis ini.