Desain
Jan19

5 Tips agar Dapur Sempit Terasa Lapang

Memiliki ruang dapur yang sempit bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan kenyamanan di sana. Masalah pada dapur sempit ini sebenarnya mudah dipecahkan, yakni membuat suasana di dalamnya terasa lebih lapang. Pertanyaan selanjutnya adalah langkah-langkah apa yang mesti diperbuat agar dapur sempit terasa lapang?

tips-agar-dapur-sempit-terasa-lapang.jpg

Desain Dapur Berukuran Sempit

Berikut ini 5 saran selengkapnya dari Arafuru.

1. Jaga Kerapihan Dapur

Pada dasarnya, dapur sempit bisa diolah agar terlihat luas dengan cara menjaga kerapihannya. Yap, ruangan rapi memungkinkan terciptanya area gerak yang lebih banyak sehingga tubuh dan penglihatan pun dapat bermanuver leluasa di seluruh sudut dapur. Untuk itu, pastikanlah anda menyediakan tempat khusus bagi masing-masing perabotan yang ada di dapur. Selanjutnya, taati tata letak ruangan yang telah dirancang tadi agar dapur selalu terlihat rapi.

2. Biarkan Dapur Bernuansa Terbuka

Nuansa terbuka sangat tepat diaplikasikan pada tempat memasak yang berukuran sempit. Nuansa ini akan mudah menyatukan ruangan-ruangan di samping dapur sehingga luasnya seolah kian bertambah. Misalnya jika selama ini anda memasang pintu dapur, cobalah melepas pintu tadi dan biarkan dapur lebih terlihat. Begitupun pada rak piring yang biasanya terkunci rapat, anda bisa mengganti pintunya dengan bahan kaca yang transparan.

3. Manfaatkan Warna yang Senada

Percayakah anda jika warna bisa digunakan untuk menciptakan kesan lapang pada dapur? Bahkan warna sangat ampuh untuk memberikan kesan tertentu pada ruangan. Jika anda menginginkan sebuah dapur kecil yang terasa luas, cobalah manfaatkan warna putih pada tembok dan piring. Berkat pemakaian warna yang sama, piring yang biasanya menyesaki dapur seolah tampak menyatu dengan tembok.

4. Sesuaikan Jumlah Perabotan yang Dipakai

Seperti kita ketahui, penyebab utama dari dapur terasa semakin sempit adalah perabotan. Terutama pada jumlah perabotan, semakin banyak perabot yang digunakan, makin banyak pula ruang yang tersita sehingga interior bertambah sempit. Oleh sebab itu, jangan sia-siakan ruangan dapur untuk menyimpan peralatan yang sebenarnya tidak dipakai. Batasi jumlah perabotan, sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga. Hal yang sama juga bisa diterapkan untuk ukuran alat-alat makan ini.

5. Usahakan Suasana Dapur Terlihat Terang

Pencahayaan yang terang juga bisa memperluas suasana di dapur. Pastikan setiap sudut ruangan ini dapat menerima sinar matahari langsung. Tambahkan beberapa lampu artifisial sebagai pencahayaan malam. Fokuslah terutama pada sudut yang sering dipakai, seperti area kompor dan kitchen sink.