Desain
Oct23

5 Software Gratis Terbaik untuk Menggambar

Apakah software gratis terbaik untuk menggambar di komputer? Teknologi terus mengalami perkembangan setiap hari. Beberapa perangkat teknologi bahkan telah mampu mengubah gaya hidup manusia dalam melakukan suatu pekerjaan. Contohnya seperti menggambar. Orang-orang pada zaman dahulu biasanya menggambar di atas kertas. Tetapi kini proses menggambar bisa dilakukan di komputer menggunakan software khusus. Perangkat lunak tersebut dinamakan digital painting software.

Bagi pengguna sistem operasi Windows, Anda sebenarnya bisa menggambar di komputer memakai Paint. Software bawaan Windows OS ini bisa diakses di menu Accessories. Paint sudah cukup mumpuni untuk membuat gambar suatu objek yang sederhana. Jika mau, Anda bisa menggambar objek yang berbasis 2D atau 3D menggunakan software yang satu ini. Sayangnya fitur-fitur yang melengkapi Paint masih sangat sederhana dan tidak terlalu banyak. Jadi dibutuhkan imajinasi dan pengukuran yang tinggi saat bekerja memakai Paint.

software-menggambar-terbaik-gratis.jpg

Untungnya perkembangan software untuk keperluan digital painting termasuk pesat. Beberapa program komputer saat ini bahkan sudah ada yang mempunyai tools agar tampilan gambar yang dibuat terlihat lebih realistis. Kalau Anda ingin membikin gambar yang memiliki detail kerumitan yang tinggi serta tekstur seperti aslinya, kami sarankan pakailah software khusus digital painting ini. Setidaknya pekerjaan Anda bakal terasa lebih mudah daripada harus memaksakan diri menggunakan Paint.

Di bawah ini software-software yang akan membantu Anda banget untuk dapat menggambar di komputer!

  1. Krita

Krita bisa dikatakan sebagai salah satu software menggambar paling baik yang ada saat ini. Dengan menggunakan Krita, Anda bisa memberikan sentuhan-sentuhan ilustrasi apapun terhadap karya Anda. Tapi software ini paling bagus untuk dipakai membuat komik atau manga. Ada banyak sekali template, layers, masks, tools, serta menu yang tersedia di sini. Dan tentunya Krita memiliki kemampuan HDR yang sangat tinggi. Saking bergunanya software ini, beberapa orang memberikannya julukan sebagai software-nya para seniman digital. Anda bisa mendownload Krita secara gratis di www.krita.org.

  1. Artweaver Free

Artweaver Free memungkinkan Anda dapat menciptakan karya berbasis digital painting yang sangat indah. Fitur andalan yang dimilikinya ialah ultra-realistic brush effects yang akan memberikan kesan realistis dari gambar yang telah Anda buat. Anda yang ingin menggambar dengan detail yang sangat rumit secara mudah juga bisa mengandalkan software komputer yang satu ini. Meskipun pada dasarnya Artweaver Free bisa dipakai untuk segala usia, tetapi anak-anak yang paling cocok menggunakannya sebab tools yang dimilikinya tidak terlalu banyak. Silakan ambil Artweaver Free secara gratis di www.artweaver.de.

  1. Microsoft Paint 3D

Microsoft Paint 3D merupakan software bawaan dari sistem operasi Windows 10 yang menawarkan Anda pembuatan gambar 3D dengan lebih menyenangkan. Namun bagi Anda pengguna software Windows dengan seri lainnya tetap bisa menggunakannya dengan mendownload terlebih dahulu di Windows Store yang beralamat di www.microsoft.com. Meskipun sama-sama memiliki tampilan yang sangat simple seperti pada pendahulunya, tetapi Microsoft Paint 3D dapat membantu Anda menggambar objek 3D dengan lebih mudah dan akurat. Sudah ada pula beberapa efek warna dan pencahayaan yang bisa digunakan untuk membuat gambar terlihat lebih realistis.

  1. Microsoft Art Paint

Art Paint juga masih layak disebut sebagai salah satu aplikasi terbaik saat ini yang bisa dipakai untuk menggambar secara digital. Software buatan Microsoft untuk menawarkan pengalaman menggambar di komputer yang rasanya kurang lebih sama seperti menggambar di kertas. Anda bisa menggambar berbagai garis, objek, dan bentuk sesuai keinginan. Ada pula fitur rotate atau resize yang akan mempermudah Anda dalam mengatur dimensi objek. Setelah sketsanya jadi, Anda bisa mewarnainya sesuka hati cukup dengan beberapa kali klik. Microsoft Art Paint bisa diunduh secara gratis di laman resmi Microsoft.

  1. MyPaint

Kalau Anda sedang iseng ingin menggambar suatu objek yang mempunyai tampilan sederhana, gunakan saja MyPaint. Software ini dilengkapi dengan kemampuan yang tidak terlalu banyak, tetapi masih cukup mumpuni untuk mendukung aktivitas menggambar yang sederhana. Meskipun jika dibandingkan dengan beberapa software komputer di atas MyPaint masih kalah jauh. Tetapi MyPaint sanggup bersaing secara sengit untuk kategori aplikasi perangkat tablet. Kelebihannya terletak pada ketersediaan cuztomizable brushes serta mendukung pelayeran dan penggunaan handy scratchpad. Download MyPaint secara gratis di www.mypaint.org.