Desain
Oct11

5 Kreasi Dekorasi Interior Rumah dengan Kaca dan Cermin

Kreasi kaca dan cermin seringkali digunakan pada dekorasi interior bergaya modern. Sifat kaca yang transparan terlihat sangat cantik ketika ditembus oleh sinar matahari. Begitupun dengan cermin yang mampu memantulkan cahaya. Sehingga jika kita menambahkannya pada interior maka ukuran interior tersebut seolah menjadi dua kali lipat.

Kali ini, Arafuru.com mengajak anda untuk mengkreasikan kaca dan cermin pada dekorasi interior rumah. Apa saja yang bisa kita lakukan?

1. Partisi Rumah

kaca-dan-cermin.jpg

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan tren menjadikan kaca atau cermin sebagai partisi rumah. Yap, cara ini biasa diaplikasikan pada rumah minimalis karena mampu membuat interior terlihat lebih besar dari ukuran aslinya. Apalagi jika anda mengganti partisi yang mengarah langsung ke halaman, seketika rumah akan terasa lebih alami dan bercahaya. Sedangkan, penggunaan dinding cermin biasanya dipakai untuk mewujudkan interior yang mewah, seperti di kamar mandi.

2. Hiasan Dinding

kreasi-kaca-dan-cermin.jpg

Jika sebelumnya kita memanfaatkan kaca dan cermin yang berukuran “raksasa”, maka kreasi kedua ini kita akan mengkombinasikan berbagai ukuran cermin menjadi satu kesatuan. Biasanya, hiasan dinding ini menggunakan cermin, bukan kaca, karena tujuannya adalah agar hiasan mampu menangkap obyek bayangan yang nantinya tampak unik. Pasanglah cermin-cermin dengan berbagai ukuran dan bentuk ini dengan bingkai yang nampak seragam. Susun bingkai-bingkai ini di dinding secara berkelompok dengan membentuk suatu pola yang unik. Agar kesan yang dipancarkan oleh hiasan-hiasan ini lebih kuat, anda dapat mewarnai dinding backgroundnya dengan cat berwarna gelap.

3. Jendela Bayangan

dekorasi-kaca-dan-cermin.jpg

Paduan kaca dan cermin yang tampak harmonis hanya bisa dilihat dari kreasi di atas. Cara menciptakannya pun mudah. Pastikan kaca jendela di rumah anda berbentuk polos tanpa kusen di tengahnya. Selanjutnya, siapkan cermin seukuran kaca jendela dan masukkan pada frame yang mirip kusen jendela. Terakhir, gantungkan bingkai cermin tersebut sejajar dengan jendela. Hasilnya, kesan yang muncul adalah ruangan tampak lebih luas dan lebih bersinar.

4. Semburat Cahaya

inspirasi-kaca-dan-cermin.jpg

Kaca juga dikenal sangat ampuh menciptakan kesan mewah dan elegan. Biasanya kreasi ini dilakukan dengan mengarahkan sumber cahaya langsung ke permukaan kaca. Sinar cahaya yang terlihat menyebar tipis ke seluruh permukaan kaca tampak indah sekali. Bagi anda penggemar lilin aromaterapi, anda bisa meletakkan lilin tersebut di suatu wadah kaca atau bisa juga menempatkan cermin di belakang lilin.

5. Bahan Furniture

ide-dekorasi-kaca-dan-cermin.jpg

Satu lagi kreasi yang bisa dilakukan dengan kaca, apalagi kalau bukan menjadikannya sebagai furniture. Penambahan elemen kaca di suatu furniture mampu memberikan aroma kemewahan berkat efek mengkilapnya. Paling banyak, kaca digunakan sebagai centerpiece meja makan. Penampilan kaca tanpa bingkai yang mengelilinginya ini bahkan mampu menghasilkan ruang makan yang terasa sangat lega.