Desain
Apr2

5 Kiat Mendekorasi Desain Rumah Klasik Vintage

Apakah anda tertarik dengan desain rumah klasik vintage? Memang benar, sejak dulu konsep dekorasi seperti ini tidak pernah kehilangan pesonanya. Dan yang paling terasa adalah suasana rumah yang beraroma baheula, berkelas, unik, dan sangat anggun.

Tren saat ini, desain klasik vintage dapat diciptakan dengan memanfaatkan benda-benda yang berbahan kuningan dan perunggu. Tak ketinggalan, material kayu pun masih menjadi primadona untuk memberikan sentuhan tradisional yang elegan.

desain-rumah-klasik-vintage.jpg

Interior Bergaya Klasik Vintage

Di bawah ini tips-tips mendekor hunian dengan gaya klasik vintage yang anggun!

1. Kuaskan Warna-warni Khas

Agar suasana interior rumah kental dengan aroma klasik vintage, anda bisa memanfaatkan warna-warni khasnya seperti merah, kuning, dan biru yang dipadukan bersama dengan warna emas. Alternatif lain, warna berjenis pastel juga bisa anda pergunakan untuk menghadirkan kesan yang lembut. Aplikasikanlah pewarnaan ini pada bidang-bidang yang menonjol, mulai dari dinding, lantai, hingga plafon ruangan.

2. Lemari Antik dan Koleksi Buku Kuno

Untuk menghadirkan nuansa klasik, pilih lemari yang terbuat dari logam atau kayu kasar dan bergaya antik sebagai furnitur utama ruangan. Hindari menggunakan lemari-lemari model modular yang di-finishing halus dan tampak mewah. Selanjutnya, anda bisa menyimpan buku-buku tua kesayangan anda ke dalam lemari tersebut. Tentu saja, adanya perabotan ini mampu mengangkat nilai rumah secara keseluruhan.

3. Kursi Warisan Turun-Temurun

Jangan pernah sekalipun membuang furnitur peninggalan leluhur anda, karena di dalamnya terkandung nilai seni yang sangat tinggi. Lebih-lebih untuk furnitur yang terbuat dari bahan kayu jati asli. Furnitur kursi yang telah diwariskan ke anda melewati beberapa generasi ini sangat cocok ditempatkan di ruang tamu dan teras bergaya klasik. Boleh juga sih memodifikasi kursi tersebut seperlunya agar terasa lebih nyaman, seperti menambahkan bantalan atau sandaran punggung berbahan busa.

4. Benda-benda Koleksi yang Jadul

Kini saatnya memajang benda-benda koleksi anda yang sekilas terlihat jadul, namun mengandung berjuta kenangan indah. Keluarkanlah mesin tik, radio, cermin berbingkai emas, telepon, gerabah, tembikar, anyaman, gramofon, foto, dan lukisan, lalu letakkan secara menyebar di seluruh ruangan. Benda-benda yang antik ini akan menghasilkan desain vintage yang sangat berkelas.

5. Cahaya dari Pendar Lilin

Sebagai sentuhan terakhir, kurang lengkap jika interior yang sudah didesain sedemikian rupa tetapi tidak disempurnakan dengan cahaya lilin. Perlu diketahui, chandelier bergaya victoria tidak hanya bisa digunakan di restoran dan hotel, melainkan rumah anda pun sangat cocok dihiasi dengan tempat lilin ini. Cobalah meletakkan beberapa tempat lilin yang telah usang dan rasakan sensasi khas klasik vintage di seluruh sudut rumah anda.