Desain
Sep9

5 Kesalahan Saat Merancang Desain Interior Rumah

kesalahan-desain-interior.jpg

Merancang desain interior rumah memang kelihatannya mudah sekali ya. Namun jangan salah, menata desain ini sebenarnya tidak segampang yang dikira. Diperlukan pengetahuan dan pengalamaan agar hasil desain yang terbentuk sesuai dengan konsep awalnya.

Berikut ini kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan oleh pemula saat mendesain suatu interior rumah :

1. Terpaku Pada Katalog Produk

Pasti anda sering melihat-lihat gambar katalog furniture kan? Bagaimana menurut anda penataan ruangan pada katalog tersebut? Sangat indah kan?

Perlu diketahui, setiap jengkal interior rumah memerlukan sentuhan khas pemiliknya. Kekhasan ini akan melahirkan kenyamanan. Dengan meniru gambar katalog sama persis, tak ubahnya anda memasukkan ruang publik ke dalam rumah. Bermainlah lebih kreatif dan manfaatkan keragaman produk furniture untuk menciptakan interior yang dinamis.

#2 Meletakkan Furniture di Sudut yang Salah

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah menata kursi dan sofa dengan menempel dinding. Memang benar, hal ini bisa membuat interior terasa lebih lega. Namun jika ukuran ruangan yang anda miliki termasuk luas, biarkanlah kursi-kursi tersebut memperlihatkan pesonanya di tengah-tengah ruangan.

Kesalahan lainnya juga sering dilakukan pada pemilihan warna furniture. Sebagai contoh, suatu ketika warna pastel sedang tren. Dan anda memasukkan furniture berwarna pastel tersebut ke dalam interior bergaya elegan klasik. Tentu saja furniture tersebut dapat mengacaukan konsep yang tengah dibangun.

#3. Memasang Sebuah Lampu

Kesalahan ini juga biasa dilakukan oleh masyarakat Indonesia, di mana setiap ruangan hanya diterangi oleh sebuah lampu. Lebih baik, setidaknya anda memasang tiga lampu untuk masing-masing ruangan. Hal ini akan membuat pencahayaan di ruangan tersebut menyebar rata sehingga tidak silau di satu titik.

#4. Menggantungkan Foto dan Lukisan

Keberadaan aksesoris seperti foto dan lukisan memang mampu memperkuat desain interior yang tengah diciptakan. Namun hal ini juga bisa menjadi bumerang apabila kita keliru dalam memilih lukisan tersebut. Misalnya memajang lukisan abstrak di ruang tamu bergaya tradisional.

Kesalahan selanjutnya adalah menggantung hiasan terlalu tinggi. Akibatnya, kita harus mendongak ke atas untuk melihat karya seni tersebut. Setidaknya, ketinggian maksimal untuk hiasan dinding adalah 2 meter yang disesuaikan dengan ukurannya.

#5. Tidak Percaya Diri

Kadang kala ada perasaan waswas saat kita berniat mendesain interior. Sejuta pertanyaan berkecamuk di dalam otak. Ini bagus nggak ya? Kalau yang ini dipasang di sini atau di sana?

Agar anda terhindar dari sikap seperti ini, caranya adalah dengan percaya diri. Fokus dan yakin jika anda punya selera desain yang menarik. Selanjutnya, perdalam sentuhan tersebut dengan mempelajari dasar-dasar dari desain interior rumah.