Desain
May10

5 Jenis Desain Lantai Rumah

desain-lantai-rumah.jpg

Apakah Anda pernah bermimpi mempunyai ruang tamu yang mewah atau kamar tidur yang menyenangkan? Satu faktor yang cukup penting untuk mewujudkan impian Anda adalah dengan menambahkan lantai bermotif yang tepat. Pemasangan lantai mampu mempengaruhi tampilan furnitur di atasnya. Sehingga sifatnya bisa mempermanis atau bahkan memperburuk penampilan interior rumah.

Memilih lantai yang sesuai memang cukup rumit. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan meliputi dekorasi ruangan, fungsi ruangan, lalu lintas ruangan, lokasi ruangan, dan seberapa sering Anda menghabiskan waktu di ruangan tersebut.

Ada beragam jenis lantai yang bisa dipilih, mulai dari karpet, kayu, keramik, vinil, dan laminasi. Berikut ini penjelasan dari jenis-jenis lantai tersebut :

Karpet

Karpet berfungsi untuk mempertahankan kehangatan di suatu ruangan. Karpet yang lembut mampu melindungi anak-anak dari cidera saat terjatuh. Adanya karpet juga mampu menyembunyikan tampilan lantai yang kurang harmonis dengan furnitur. Untuk penggunaannya, karpet bisa ditambahkan di mana saja, termasuk di ruang bawah tanah dan gudang sekalipun. Harga karpet juga terbilang murah daripada lantai lainnya. Dengan ketersediaan motif dan warna yang sangat banyak, mempermudah kita menggunakan karpet sebagai hiasan lantai. Pilih karpet yang terbuat dari benang berkualitas agar tidak mudah rusak. Apabila Anda memiliki alergi terhadap debu, penambahan karpet tidak disarankan untuk rumah Anda.

Keramik

Pada umumnya, keramik terbuat dari tanah liat, air, mineral, dan kaca sebagai pelapis motif dan warna. Lantai keramik dikenal tahan terhadap api, kelembaban, noda, goresan, dan bakteri sehingga membuatnya cocok untuk diinstal di dapur, kamar mandi, dan teras. Saat pemasangan keramik, biasanya diberikan lapisan semen di antaranya agar seluruh permukaan menjadi halus. Sangat penting bagi Anda untuk meminta bantua jasa seorang ahli bangunan dalam pemasangannya agar tidak ada rongga udara yang terjebak di dalamnya. Sebab hal ini bisa menyebabkan keramik mudah pecah.

Kayu

Kayu adalah pilihan lantai yang paling indah karena terlihat elegan. Sayangnya, lantai kayu mudah sekali tergores terutama jika Anda memelihara hewan di rumah. Adapun untuk teknik perawatannya, biasakan setiap beberapa tahun sekali untuk mengamplas permukaan lantai ini. Dengan demikian keindahan lantai bisa terus dipertahankan.

Laminasi

Jika Anda menyukai tampilan lantai kayu tetapi khawatir karena mudah tergores, maka Anda bisa memilih lantai laminasi. Lantai ini hampir tidak mungkin tertempel noda, tergores, dan terbakar. Karena itulah, jenis lantai inilah yang paling sempurna daripada yang lainnya.

Vinyl

Dengan pemeliharaan yang benar, lantai vinyl akan tahan lama. Lantai ini cocok dipasang di bagian dapur karena sangat mudah dibersihkan. Saat ini, lantai vinyl sudah tersedia dengan motif yang beranekaragam.