Desain
Feb17

5 Inspirasi Desain Interior Rumah Gaya Kontemporer

Desain interior rumah bergaya kontemporer mempunyai kekhasan pada konsepnya yang bersifat dinamis, mengacu pada tren terkini, dan selalu berlawanan dengan desain tradisional. Pada dasarnya, desain ini tampak sederhana namun berani memainkan beragam corak. Tak heran, banyak orang yang salah kaprah menyebut desain kontemporer sebagai desain modern, padahal keduanya berbeda.

desain-interior-rumah-kontemporer.jpg

Desain Interior Rumah Bergaya Kontemporer

Lima ide di bawah ini akan membantu anda dalam menghadirkan interior yang bergaya kontemporer.

1. Konsep Interior dengan Tampilan Terbuka

Desain kontemporer erat kaitannya dengan tampilan ruangan yang terbuka. Tidak banyak partisi yang didirikan untuk menyekat bidang interior rumah. Biarkan suasana di dalam rumah terasa mengalir bebas apa adanya dan tetap menyatu. Sebagai gantinya, partisi visual seperti karpet dan cat banyak digunakan untuk mempertegas fungsi masing-masing ruangan.

2. Perhatikan Detail Pengisi Interior

Untuk desain kontemporer, perhatikanlah setiap detail di dalam rumah. Usahakan detail-detail tersebut tampil sederhana, namun unik. Anda bisa memanfaatkan lampu sorot dan kaca untuk mempertegas keberadaan detail tersebut. Kami merekomendasikan penggunaan lemari sebagai media penyimpanan untuk menyembunyikan perangkat elektronik agar interior tetap terlihat sederhana dan rapi.

3. Atur Pencahayaan dan Sirkulasi Udara di Rumah

Saat ini, sedang tren rumah yang dilengkapi jendela berukuran besar sebagai sirkulasi cahaya dan udara. Tujuannya tentu agar suasana interior tampak terang dan tidak lembab. Beruntung letak geografis Indonesia yang beriklim tropis, adanya jendela sangat membantu memasukkan sinar matahari ke dalam rumah sehingga lebih sehat.

4. Penerapan Warna Cat Interior Bernuansa Netral

Desain kontemporer juga banyak dihiasi warna netral sebagai warna dasar dan warna mencolok sebagai warna aksen. Warna yang berjenis netral seperti putih, cokelat, abu-abu, dan hitam cocok sekali diaplikasikan pada dinding, lantai, dan furnitur di dalam rumah. Kemudian, padukanlah warna tersebut dengan warna yang terlihat mencolok untuk aksesoris ruangan seperti bantal hias, taplak meja, tirai, dan karpet.

5. Penambahan Material Alami agar Interior Hidup

Kebanyakan interior bergaya kontemporer menggunakan material kayu untuk mempercantik tampilannya. Anda bisa memanfaatkan bahan material yang satu ini untuk dinding, lantai, maupun plafon ruangan. Bahan kayu juga bisa dihadirkan dalam bentuk furnitur semisal lemari, kursi, dan meja. Agar terlihat lebih menarik, cobalah mengkombinasikan bahan kayu ini dengan material lain seperti wol, katun, atau bahkan hiasan batu.