Desain
May27

5 Inspirasi Bikin Model Rumah Minimalis Ukuran Kecil

Ingin membuat desain minimalis di rumah yang berukuran kecil? Meningkatnya harga rumah di Indonesia yang terlalu tinggi membuat daya beli masyarakat cenderung menurun. Hal ini menyebabkan kebanyakan masyarakat sekarang, terutama mereka yang tinggal di lingkungan perkotaan, memilih alternatif lain yakni membeli rumah dengan ukuran yang kecil. Sehingga, aspek kenyamanan tempat tinggal pun sering tidak dihiraukan lagi.

inspirasi-rumah-minimalis-ukuran-kecil.jpg

Rumah Model Minimalis

Namun tahukah anda, keterbatasan pada rumah berukuran kecil bisa disiasati dengan mengaplikasikan desain minimalis. Yap, desain minimalis adalah desain yang mengedepankan fungsionalitas dengan penataan yang menonjolkan kesederhanaan. Dengan kata lain, desain minimalis memungkinkan rumah yang berukuran kecil bisa tetap berfungsi dengan baik, terasa nyaman, dan terlihat indah dipandang mata.

Nah, berikut ini inspirasi-inspirasi yang bisa anda coba :

1. Pakai Partisi yang Tidak Permanen

Partisi atau pembatas ruangan memegang peranan penting untuk membuat interior terasa lapang. Disarankan pakai partisi yang tidak permanen seperti rak buku, sofa, lemari, dan lain-lain. Meskipun partisi tersebut tetap memakan ruangan, tetapi furnitur-furnitur ini mempunyai fungsi lain ketimbang sekadar pembatas ruangan. Fungsi ganda inilah yang membuat anda tidak memerlukan terlalu banyak perabotan dan bisa menjaga keminimalisan ruangan. Untuk ide-ide partisi non-permanen lainnya, anda bisa mendapatkannya secara gratis di sini.

2. Pemilihan Furnitur untuk Interior

Rumah yang berukuran kecil juga bisa tampak lapang berkat penggunaan perabotan yang tepat. Pilih furnitur yang memang benar-benar anda butuhkan dan memiliki bentuk yang sederhana. Sebaliknya, hindari menambahkan furnitur yang berkaki melengkung serta dipenuhi dekorasi dan ornamen. Dengan memperhatikan desain furnitur yang tepat, kegunaan ruangan akan lebih optimal.

3. Terapkan Fasad yang Melebar

Fasad adalah penampilan sisi bagian depan suatu rumah. Penerapan fasad bangunan yang melebar akan menciptakan kesan seolah-olah rumah berukuran lebih lebar. Caranya yaitu mainkan tampilan fasad dengan memanfaatkan garis horisontal memanjang dari sudut kanan hingga sudut kiri rumah. Pastikan anda memperbanyak pembuatan garis horisontal daripada garis vertikal sebab garis horisontal dinilai sanggup menghasilkan efek melebar walaupun rumah dibangun di lahan yang terbatas.

4. Penentuan Warna-warni Rumah

Penggunaan warna-warni rumah yang tepat juga mampu mendukung keberhasilan desain minimalis yang tengah anda buat. Biasanya dekorasi minimalis identik dengan pemakaian warna-warni yang berjenis monokrom atau senada satu warna. Kelebihan dari pewarnaan ini adalah bidang-bidang di rumah akan terlihat lebih lapang dan lebih elegan.

5. Daun Pintu, Jendela, dan Bukaan Lainnya

Usahakan pembuatan dimensi daun pintu, jendela, dan bukaan lainnya memiliki ukuran yang cukup lebar. Di samping akan mendukung kelancaran sirkulasi udara, dimensi bukaan yang lebar juga bisa menambah kesan lapang di dalam rumah. Namun anda juga perlu memperhatikan faktor privasi penghuni rumah. Pastikan bukaan-bukaan yang dibangun ini tidak mengurangi privasi dan keamanan di dalam rumah tersebut.