Desain
Jan20

5 Ide Desain Ulang Ruang Makan agar Lebih Hidup

Desain ruang makan sejatinya perlu mendapatkan perhatian yang lebih mengingat fungsi ruangan ini sebagai pembangkit semangat hidup, di samping untuk tempat bersantap tentunya. Namun sayangnya, kebanyakan orang justru kurang tertarik mengolah desain ruang makan di rumahnya. Hal ini tentu akan mengakibatkan suasana bersantap di rumah lambat laun terasa membosankan, dan akhirnya anda sekeluarga enggan menikmati hidangan bersama.

desain-ruang-makan.jpg

Guna mengantisipasi terjadinya hal ini, anda bisa menghidupkan kembali suasana di ruang makan dengan sentuhan-sentuhan kecil seperti berikut :

Taplak Meja

Sebagai focal point ruangan, taplak meja memegang pengaruh besar terhadap suasana di ruang makan. Taplak meja yang tampak baru tentu akan menghidupkan nuansa di dalam ruang makan. Anda bisa bermain dengan warna dan corak pada taplak meja tersebut. Ukuran kain taplak juga menentukan suasana apa yang akan diciptakannya. Sebagai contoh taplak berukuran pas meja akan melahirkan suasana interior yang santai, sedangkan taplak yang lebih lebar dan menjuntai mampu menciptakan perasaan formal dan romantis.

Tempat Duduk

Sesekali anda bisa mengganti warna sandaran pada kursi makan agar pesonanya tampak berbeda. Bisa juga menambahkan busa sandaran yang pas agar kursi-kursi tersebut lebih nyaman diduduki. Jika anda mempunyai anggaran berlebih, cobalah berinvestasi pada kursi-kursi yang memiliki bentuk unik dan menarik.

Pencahayaan

Pada umumnya, pencahayaan ruang makan dibuat terpusat di atas meja makan. Memang benar, teknik pencahayaan seperti ini sangat efektif untuk menerangi seluruh sudut ruangan terutama area makan. Namun untuk menghidupkan kembali suasana makan di rumah, anda bisa kok mengubah tata letak pencahayaan ini. Coba saja menempatkan teknik pencahayaan secara menyebar dengan empat lampu yang mengelilingi ruangan. Selanjutnya, tambahkan bohlam-bohlam lampu dinding sebagai aksen cahaya agar lebih indah. Tak ada salahnya juga sesekali anda sekeluarga bersantap dengan mengandalkan cahaya lilin sehingga suasananya kian akrab.

Karya Seni

Karya seni juga cukup ampuh lho untuk menyegarkan kembali nuansa di ruang makan. Anda bisa mengubah lukisan atau foto yang selama ini menempel dinding dengan sesuatu yang baru. Cobalah memajang karya yang lebih fresh dan disarankan mampu menggugah selera makan.

Warna Dinding

Selama ini warna dinilai mampu memberikan pengaruh besar terhadap seisi ruangan. Hal ini tidak terlepas dari peran warna itu sendiri yakni sebagai background ruangan yang mendominasi seluruh dinding. Maka tak heran ketika anda mengganti warna dinding ruang makan, maka dengan mudahnya tercipta suasana baru yang berbeda dari sebelumnya. Misalnya ruang makan berwarna putih yang tampak anggun akan terlihat lebih ceria dengan tambahan warna oranye.