Desain
Feb3

5 Ide Desain Taman Rumah Bergaya Klasik

Taman rumah bergaya klasik terkenal akan keindahan desainnya. Pesona taman seperti ini begitu anggun, lengkap dengan ornamen-ornamen khas Eropa sebagai penghias dekorasi taman. Sebut saja bangku kursi dan guci yang memungkinkan taman menjadi ruangan tersendiri untuk tempat bersantai dan menikmati keindahan seisi rumah.

Di bawah ini ide-ide membangun taman rumah bergaya klasik selengkapnya :

1. Pemangkasan Tanaman Berbentuk Kotak

taman-klasik.jpg

Karakteristik utama pada desain taman bergaya klasik adalah penataan tanaman pagar yang dibentuk geometris kotak seperti pada gambar di atas. Teknik penanaman seperti ini terlihat sempurna, baik di taman berukuran sempit maupun luas. Selain itu, model ini juga mudah dirawat, anda bisa menambahkan tanaman mawar agar lebih berwarna. Beberapa jenis tanaman lain yang terlihat menawan di taman ini adalah lavender, abelia, dan duranta.

2. Hamparan Tanaman Sepanjang Jalan

desain-taman-klasik.jpg

Penataan tanaman yang diatur secara berkelompok sepanjang jalan setapak juga menjadi salah satu kekhasan dari taman klasik. Teknik semacam ini merupakan salah satu langkah terbaik dalam menyambut dan menuntun tamu menuju rumah kita. Pilihlah tanaman-tanaman yang memiliki warna saling melengkapi dan terpadu harmonis. Selanjutnya anda bisa menderetkannya secara ganjil dimulai dari tiga, lima, atau tujuh tergantung pada ukuran tanaman tersebut. Agar kesan indahnya melekat kuat, cobalah bermain pada kombinasi warna-warna daun dan bunga yang tampak kontras.

3. Adanya Area Tempat Duduk

taman-bergaya-klasik.jpg

Fasilitas lain yang ada di taman rumah berkonsep klasik yaitu bangku taman yang digunakan sebagai tempat duduk untuk bersantai dan mengagumi seisi taman. Anda bisa menghadirkan tempat duduk tersebut mulai dari batu besar, kursi kayu, ataupun ayunan. Tempatkanlah bangku ini di sudut taman yang paling indah sekaligus sebagai focal point.

4. Biarkan Taman dapat Dinikmati Orang Lain

konsep-taman-klasik.jpg

Taman yang dibangun dengan desain klasik selalu tampak terbuka. Tidak ada tembok beton menjulang yang menghalangi pemandangan taman dari lingkungan luar rumah. Biarkan taman menyatu dengan daerah-daerah di sekitarnya. Buatlah orang lain yang melihat taman di rumah anda bisa ikut menikmati keindahannya.

5. Guci Sebagai Ornamen Focal Point

focal-point-taman-klasik.jpg

Taman ala klasik tidak terlihat sempurna tanpa adanya guci di salah satu sudutnya. Anda bebas memfungsikan guci tersebut baik sebagai ornamen, vas bunga, ataupun air terjun. Terlihat pada gambar di atas, adanya guci sebagai focal point membuat suasana di lingkungan taman menjadi lebih hidup. Indah sekali.