Desain
Mar24

5 Ide Desain Rumah Kayu Minimalis

desain-rumah-kayu-minimalis.jpg

Pernah bermimpi mendirikan desain rumah kayu minimalis sebagai hunian idaman Anda? Salah satu bahan bangunan yang populer berkat pesona yang dimilikinya adalah kayu. Kayu dianggap sebagai material yang mempunyai keindahan lain, sehingga keberadaannya mampu menghadirkan nuansa khas yang berbeda dengan bahan material kebanyakan.

Biasanya, kayu digunakan sebagai bahan bangunan pembentuk rumah tradisional. Hal ini tidak lain karena bahan yang satu sudah dijadikan sebagai bahan dasar rumah sejak dulu kala. Tetapi di balik semua itu, kayu memiliki sifat dinamis. Sehingga menjadikannya bisa digunakan sebagai unsur pembangun desain apapun termasuk desain minimalis.

Secara umum, desain minimalis lebih mengusung pada suasana rumah yang sederhana, tenang, alami, dan minimal. Pun demikian dalam pembuatan desain minimalis dari kayu ini, hendaknya memperhatikan unsur-unsur di atas agar keindahannya bisa diciptakan secara tepat. Dengan mengkombinasikan antara desain minimalis dan bahan kayu, bukan tidak mungkin rumah Anda akan terlihat lain daripada yang lain dan semakin unik.

Berikut ini ide rumah kayu minimalis selengkapnya :

1. Dominasi Kayu Sebagai Dinding Rumah

Disebut rumah kayu karena bahan dasar rumah tersebut memakai kayu. Inilah kenapa Anda harus menggunakan bahan kayu untuk membangun dinding rumah. Anda bisa memainkan desainnya dengan menyusun pola kayu secara vertikal, horisontal, maupun diagonal. Agar kesan minimalisnya bisa dimunculkan, jangan lupa tambahkan jendela kaca di beberapa sudut ruangan.

2. Memakai Warna Khas Minimalis

Kami pernah memberikan ide warna cat minimalis pada postingan sebelumnya. Anda bisa memakainya dengan cara memadukannya agar kedinamisan rumah bisa dimunculkan. Bahan kayu yang umumnya kusam bisa Anda berikan cat pelapis supaya terlihat mengkilap dan terasa mewah. Warna kayu yang cokelat juga sangat bagus disandingkan dengan aneka warna lainnya.

3. Isi dengan Furnitur Modern

Desain minimalis umumnya tidak bisa dilepaskan dari furnitur modern yang cenderung unik. Jika Anda mengisi rumah kayu dengan furnitur tradisional, bisa-bisa rumah Anda malah jatuh pada gaya klasik. Penambahan furnitur modern ini diperlukan juga untuk memperkaya fungsi ruangan, yang bisa diambil dari furnitur modern karena umumnya berdesain serbaguna. Tambahkan furnitur seperlunya saja agar suasana interior terasa tenang.

4. Lantai Keramik atau Lantai Kayu?

Antara lantai keramik dan kayu masing-masing bisa dipasang pada konsep rumah yang satu ini. Hanya saja lantai kayu membutuhkan perawatan yang lebih berhati-hati. Anda juga perlu waspada terhadap serangan rayap mengingat rumah Anda seluruhnya terbuat dari kayu yang notabene sangat disukai oleh rayap.

5. Menghadirkan Taman di Eksterior Rumah

Karena desain yang Anda buat bercita rasa lingkungan alam, Anda bisa lebih memperkuatnya dengan menghadirkan taman di halaman depan. Desain taman yang digunakan sebaiknya minimalis juga sehingga keindahan dinding kayu sebagai unsur eksterior utama bisa tetap dipertahankan. Tambahkan bunga-bunga cantik berbatang rendah untuk menghiasi tanah di luar rumah.