Desain
May4

5 Ide Desain Ruang Tamu Modern

Di dalam proses penciptaan suasana modern pada ruang tamu, aksesoris yang dipakai memegang peranan paling penting. Pilih aksesori dekorasi yang berkarakter modern dan sesuai dengan selera Anda.

Di bawah ini merupakan tips lengkap bagaimana caranya menata ruang tamu yang memiliki suasana modern :

Ciptakan Titik Fokus di Ruangan

desain-ruang-tamu-modern.jpg

Anda tidak perlu membeli banyak furnitur baru untuk menciptakan kesan modern di interior rumah. Cukup dengan furnitur dengan tampilan sederhana namun bersifat unik, Anda bisa dengan mudah menciptakan kesan modern yang kuat. Sebagai contoh, dalam penataan pencahayaan di ruang tamu, Anda bisa menambahkan lampu hias atau lampu dinding. Lampu dinding memiliki fungsi sebagai hiasan ruangan sekaligus memperkuat keberadaan furnitur sebelahnya. Ide desain di sini adalah mengalirkan pantulan cahaya dari sinar lampu dinding yang terkena furnitur menyebar ke seluruh sehingga elemen di furnitur terlihat seolah-olah modern.

Membuat Aksesoris Terlihat Modern

ide-desain-ruang-tamu.jpg

Seperti yang sudah disebutkan di atas, menciptakan dekorasi modern tidak harus selalu menggunakan aksesoris dan furnitur yang baru. Anda masih bisa memunculkan kesan modern, meskipun aksesoris yang digunakan jauh dari kesan modern dan berharga lebih terjangkau. Biasanya cara yang dilakukan adalah dengan memberikan sentuhan khas nuansa modern agar tercipta modernitas di dalamnya. Adapun untuk sentuha aksesoris yang dimaksud yaitu aksesoris yang mengkilap, elegan, dan berwarna khas modern seperti hitam, putih keperakan, dan abu-abu.

Dekorasi yang Bersifat Abstrak

desain-ruang-tamu.jpg

Tren dekorasi ruangan yang sedang marak saat ini adalah gaya abstrak. Jika Anda memasukkan unsur abstrak ini ke dalam ruang tamu Anda, maka dengan mudah suasana di dalamnya terlihat lebih modern. Sebagai permulaan, Anda bisa memilih lukisan dan jam dinding dengan desain yang abstrak untuk dijadikan sebagai fokus utama ruang tamu.

Pemakaian Warna Khas Modern

ruang-tamu-modern.jpg

Pemilihan warna juga penting diperhatikan ketika Anda ingin menciptakan konsep modern di ruang tamu. Umumnya, rumah bergaya modern dicat menggunakan warna hitam, putih, dan abu-abu. Oleh karena itu, disarankan Anda tetap berpegang pada ketiga warna ini dalam membuat pewarnaan untuk ruang tamu modern. Selain itu, pola dan tekstur dinding juga berfokus pada penggunaan tampilan warna yang polos dan menghindari penggunaan cat yang mengkilap. Dinding dibiarkan tampil apa adanya dan sebagai pemanisnya digantungkan sebuah lukisan.

Penataan Area Lantai

ruang-tamu.jpg

Tips yang terakhir adalah pemilihan lantai untuk ruang tamu. Lantai yang digunakan untuk ruang tamu modern terbuat dari keramik dan batu marmer. Suasana lantai yang perlu ditonjolkan keeleganannya karena ruangan ini bersifat publik atau digunakan untuk menerima tamu. Penambahan karpet dilakukan untuk memasukkan unsur hangat ke dalam ruang tamu.