Desain
Jan30

5 Ide Desain Ruang Tamu Ala Jepang

Desain ruang tamu ala Jepang memiliki ciri khas berupa kesan natural yang begitu melekat kuat. Penggunaan bahan material alami dan ornamen penghias yang menyerupai lingkungan alam menjadi pemandangan paling mencolok dalam konsep desain yang satu ini. Tak heran, ruang tamu bernuansa Jepang memiliki suasana yang begitu sejuk dan menenangkan.

Ide dasar pembuatan dekorasi ruang tamu bergaya jepang ini adalah merancangnya sedemikian rupa dengan ornamen-ornamen khas Jepang sehingga suasananya terasa kental. Perlu diketahui, masyarakat Jepang memiliki kebudayaan yang sangat identik dan melekat kuat. Oleh karena itu, wajib hukumnya menyertakan aksesoris khas ini di ruang tamu.

desain-ruang-tamu-ala-jepang.jpg

Gambar Ruang Tamu Ala Jepang

1. Pintu Geser di Ruang Tamu

Bentuk pintu rumah-rumah di Jepang sangat khas, yaitu berupa pintu geser. Begitupun dengan pintu di ruang tamunya yang juga menerapkan pintu dengan sistem geser ini. Kelebihan dari model pintu semacam ini adalah kesederhanaan desainnya, tampak rapi, mampu menyatukan interior dan eksterior, serta lebih menghemat tempat. Jadi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengganti pintu di rumah dengan pintu geser.

2. Hiasan Dinding dari Kertas Fujiyama

Memang benar, dinding rumah di Jepang umumnya terbuat dari layar shoji. Akan tetapi, layar ini terbuat dari bahan kertas sehingga menjadikan tingkat keamanannya rendah. Daripada membahayakan rumah anda dan sekeluarga, cobalah menggantung hiasan dinding berupa layar fujiyama sebagai pengganti layar shoji. Isi layar ini biasanya berupa kaligrafi kanji sehingga nuansa khas jepang-nya sangat terasa.

3. Tanaman Bonsai dan Bambu

Opsi lain untuk menghadirkan suasana khas Jepang adalah dengan menaruh tanaman-tanaman indoor yang identik dengan lingkungan di Negeri Matahari terbit itu. Apalagi kalau bukan bonsai dan bambu, kedua tanaman ini mempunyai bentuk sederhana yang elegan. Jika anda tertarik, bisa juga menaruh pohon sakura replika di salah satu sudut ruang tamu.

4. Furnitur di Ruang Tamu

Tata letak interior ruang tamu di Jepang mirip dengan masyarakat Jawa yang juga menganut prinsip lesehan. Jadi, di ruang tamu ini tidak ada kursi dan sofa sebagai tempat duduk. Penghuni ruangan bisa langsung duduk dengan beralaskan lantai ruang tamu. Di Jepang sendiri, isi ruang tamunya kebanyakan terdiri dari sebuah meja kayu yang cukup lebar dengan empat bantal yang mengelilinginya. Bantal-bantal ini juga sekaligus berfungsi sebagai alas duduk agar lebih nyaman.

5. Kesan Bersih dan Minimalis

Secara garis besar, ruang tamu ala Jepang biasanya mengusung desain sederhana. Tidak banyak aksesoris penghias dan neko-neko yang menggantung di dinding-dinding ruangan. Hasilnya adalah sebuah ruang tamu dengan tampilan bersih dan minimalis.