Desain
Nov4

5 Ide Dekorasi Rumah Impian dengan Konsep Suka-suka

Apakah anda ingin mewujudkan dekorasi rumah impian yang selama ini diidam-idamkan? Faktanya, rumah impian adalah rumah yang mencerminkan karakter khas pemiliknya. Oleh karena itu, suasana di dalamnya pun terasa nyaman sekali.

Ide-ide berikut ini patut anda pertimbangkan.

1. Rumah Khayalan

dekorasi-rumah-impian.jpg

Pasti anda pernah bermimpi memiliki rumah seperti ini dan itu kan? Daripada membiarkannya sebagai angan-angan saja, mengapa tidak mengaplikasikannya ke dalam wujud nyata. Memang untuk memunculkannya seratus persen terbilang sulit dan butuh budget yang tak sedikit. Tapi, anda masih bisa melakukan pendekatan agar mirip dengan khayalan tersebut.

Jangan lupa, anda bisa menerapkan trik dekorasi untuk menekan biaya yang diperlukan. Contohnya, untuk menambah tinggi plafon, lapisi dinding dengan wallpaper bermotif garis-garis horizontal. Jika ruangan tampak sempit dan gelap, tinggal manfaatkan perabotan kaca dan aksen cermin. Kuncinya, jangan takut berkreasi dengan memadukan berbagai konsep rumah menjadi satu.

2. Hal yang Membuat Anda Nyaman

tips-dekorasi-rumah-impian.jpg

Masih bingung dengan hunian yang cocok untuk anda? Sekali-kali bolehlah anda berkeliling di seluruh sudut rumah. Lalu, catat hal-hal apa saja yang anda sukai dan membuat perasaan menjadi nyaman. Tanyakan juga aksesoris-aksesoris yang mungkin ingin dirubah, dihilangkan, atau dipertahankan. Pastikan semua eksekusi yang anda lakukan tadi memiliki alasan yang kuat mengapa anda mengambilnya.

Sebagai contoh, di ruang tamu anda saat ini terpajang lukisan abstrak yang serasi dengan konsep interiornya. Namun di balik hiasan tersebut, sebenarnya anda kurang menyukai karena dinilai tampilan lukisan terlihat membingungkan. Dari sini, anda bisa mencari pengganti hiasan mana yang lebih tepat. Misalnya anda hobi berfoto bersama keluarga, maka ganti saja lukisan tadi dengan deretan foto keluarga anda. Jangan paksakan sesuatu yang tidak anda sukai terlihat di rumah.

3. Hobi atau Kegemaran

inspirasi-dekorasi-rumah-impian.jpg

Setiap manusia pasti memiliki kegemaran akan suatu hal. Entah itu menonton film, membaca buku, bermain sepakbola, atau mengoleksi miniatur mobil. Agar dekorasi rumah tampil selaras dengan kehidupan anda, jangan ragu memamerkan kesukaan ini di seluruh sudut rumah.

Anda bisa memulainya dari ruang tamu. Di sini, anda dapat menambahkan poster, rak sebagai tempat menyimpan miniatur dan buku, serta mengaplikasikan cat dan wallpaper yang identik dengan kegiatan hobi tersebut. Sekarang, anda tidak kesulitan lagi menyimpan semua benda-benda berharga milik anda, pun karakter rumah menjadi lebih terasa.

4. Benda-benda Penuh Kenangan

ide-dekorasi-rumah-impian.jpg

Untuk hunian yang sering menjadi tempat berkumpulnya keluarga besar atau rumah pengantin baru, anda bisa terus menghadirkan kebahagian di dalam rumah tersebut. Caranya yakni dengan memajang kembali benda-benda yang memiliki kenangan. Barang-barang ini biasanya berupa foto, hadiah, suvenir, maupun barang favorit.

Dalam mengaplikasikannya, manfaatkan barang tersebut sebagai hiasan ruangan. Ekspos keberadaan benda-benda ini agar terlihat lebih menonjol. Untuk benda-benda berukuran besar, anda bisa memamerkannya secara terpisah/sendiri-sendiri. Sedangkan benda berukuran kecil akan terlihat semakin menarik jika dikelompokkan.

5. Cenderamata

contoh-dekorasi-rumah-impian.jpg

Cenderamata atau oleh-oleh selepas perjalanan biasanya bersifat unik dan khas daerah tertentu. Oleh karena itu, benda-benda seperti ini akan menggambarkan kembali bagaimana suasana perjalanan anda dengan sangat lengkap. Anda bisa menggantungkan topeng tradisional, lukisan panorama, maupun foto-foto yang diambil selama perjalanan. Sementara untuk cenderamata yang berbentuk tiga dimensi, bisa dipamerkan di meja ataupun rak dinding. Terlihat unik sekali bukan?