Desain
Jan30

5 Desain Ruang Tamu Menyatu dengan Ruang Keluarga

Ruang tamu dan ruang keluarga sebenarnya merupakan dua ruangan yang berbeda satu sama lain. Perbedaan paling mencolok terletak pada sifat ruangannya. Ruang tamu bersifat publik dan terbuka untuk umum. Sementara ruang keluarga adalah ruangan privasi yang khusus ditujukan untuk anda sekeluarga. Oleh karena itu, menyatukan kedua ruangan ini terbilang tidak mudah dan sangat menantang. Penyatuan ruang tamu dan ruang keluarga bertujuan agar tamu merasa nyaman beraktifitas di rumah bersama keluarga, serta membiasakan anggota keluarga anda berada di lingkungan orang banyak dan bersenda gurau bersama tamu yang berkunjung.

ruang-tamu.jpg

Gambar 1. Ruang Tamu Menghadap ke Ruang Keluarga

Pada gambar pertama di atas, ruang tamu ditata sedemikian rupa agar menghadap ke ruang keluarga. Di sini, ruang tamu menggunakan kursi jok yang nyaman dengan meja bundar agar suasananya tidak kaku. Sementara itu, suasana di ruang keluarga lebih formal dengan meja kayu berbentuk kotak dan tambahan sofa empuk. Sebagai pembatas, digunakan karpet agar suasana ruang keluarga lebih hangat. Adanya jendela-jendela yang lebar cukup membantu mencairkan suasana di dalam rumah.

interior-rumah-terbuka.jpg

Gambar 2. Interior Rumah yang Terbuka

Pada gambar kedua ini, antara ruang publik dengan ruang privasi dibuat seolah-olah menyatu, tapi sebenarnya terpisah. Hal ini berkat penggunaan bahan kaca sebagai dinding partisi. Bisa dilihat, ruang tamu terletak di deretan terluar dan menyatu dengan taman depan. Sedangkan ruangan privasi seperti ruang keluarga, ruang makan, dan dapur dibuat menyatu di tengah-tengah interior rumah. Penggunaan warna lantai ruang tamu dan ruang keluarga yang berbeda juga sekaligus menjadi partisi visual yang memisahkan kedua ruangan ini.

ruang-tamu-dan-ruang-keluarga-menyatu.jpg

Gambar 3. Ruang Keluarga Difungsikan Sebagai Ruang Makan

Berkat penggunaan sofa berwarna abu-abu, ruang tamu di atas terlihat sangat nyaman. Apalagi ditambah dengan karpet yang tebal sebagai penghangat kaki. Berbeda jauh dari ruang tamu yang tampak modern, ruang keluarga yang juga difungsikan sebagai ruang makan di atas mengusung konsep tradisional. Hal ini terlihat dari dominasi bahan kayu dan warna cokelat di sisi ini. Tak heran, suasana ruang keluarga yang hangat akan menciptakan perasaan tamu yang nyaman dan cepat akrab dengan anda sekeluarga. Penyatuan dua desain kontras yang sangat apik.

desain-ruang-keluarga-menyatu.jpg

Gambar 4. Ruang Tamu Menyatu dengan Ruang Keluarga

Jika anda ingin menyatukan ruang tamu dan ruang keluarga, pemisah ruangan paling tepat adalah karpet. Yap, karpet merupakan salah satu partisi visual yang paling bisa diandalkan. Penggunaan karpet memungkinkan luas ruangan tetap terjaga dan suasananya lebih hangat. Anda bisa memperhatikan pada gambar di atas, di mana ruang tamu diberikan alas karpet, sementara ruangan-ruangan lainnya tetap berlantai kayu.

ruang-tamu-menjadi-satu.jpg

Gambar 5. Ruang Tamu Menjadi Satu dengan Ruang Keluarga

Konsep ruang tamu harmonis yang dibuat menyatu dengan ruang keluarga bisa dilihat pada gambar di atas. Konsep seperti inilah yang biasanya diaplikasikan pada rumah-rumah di Indonesia. Antara ruang tamu dan ruang keluarga dibuat dalam satu ruangan tanpa dibatasi oleh partisi. Dengan model penataan sketsa seperti di atas, memungkinkan privasi ruang keluarga tetap terjaga.