Desain
Jul15

4 Tips Apik Membangun Desain Rumah Impian

Bagaimana tips membangun desain rumah impian yang indah dan menyenangkan? Saat ini, banyak sekali bermunculan komplek-komplek perumahan yang baru didirikan oleh para pengembang. Sayangnya, unit rumah yang ditawarkan terlihat berdesain sama, cenderung monoton, dan tidak terlalu menarik. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang merancang sendiri desain rumah impiannya sesuai dengan selera.

tips-membangun-desain-rumah-impian.jpg

Rumah Berdesain Indah

Rumah impian adalah rumah yang sesuai dengan idam-idaman para penghuninya. Rumah ini memiliki suasana yang sempurna dan pas dengan selera pribadi. Ikuti tips-tips berikut untuk mendirikan rumah impian kesukaan anda :

1. Persiapkan Anggaran dengan Matang

Pembangunan rumah impian biasanya akan menghabiskan dana yang lebih besar daripada rumah biasa karena berhubungan dengan selera pribadi. Jadi, dana menjadi faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam mendirikan sebuah rumah impian. Kuncinya yaitu sesuaikan keinginan anda sekeluarga dengan anggaran yang tersedia. Apabila budget dirasa masih terbatas, buatlah suatu rancangan rumah yang memungkinkan anda dapat merenovasi dan menambah estetikanya dengan mudah. Sebagai contoh tahun pertama anda membangun rumah bertingkat, tahun kedua buatlah taman atap di teras lantai atas, tahun ketiga kembangkan taman menjadi tempat relaksasi yang damai, dan seterusnya.

2. Perkuat Imajinasi dan Mainkan Daya Kreasi

Rumah impian dibuat dengan memainkan daya imajinasi dan kreatifitas pemiliknya. Sehingga bangunan rumah bisa menggambarkan bagaimana karakteristik dari penghuni rumah tersebut. Dengan cara ini rumah akan terasa nyaman dan tidak membosankan biarpun sudah ditempati selama bertahun-tahun. Contohnya apabila anda sekeluarga mencintai rumah antik yang bernuansa klasik, maka ciptakanlah hunian yang bergaya desain ini. Jangan terpengaruh dengan tren yang sedang populer apalagi ikut-ikutan selera orang lain.

3. Bagaimana Kebiasaan Anda Sekeluarga?

Rumah yang sesuai dengan impian juga harus mampu mendukung kegiatan sehari-hari. Rumah yang dimiliki oleh penghuni yang sibuk tentu berbeda konsepnya ketimbang rumah yang didiami oleh orang-orang yang gemar berkumpul. Buatlah ruangan yang sering digunakan bersama memiliki kondisi dan situasi yang sangat nyaman dan hangat.

4. Minta Saran dari Ahlinya

Setelah anda menemukan tema rumah impian yang paling ideal, kini saatnya mencari tahu apakah rumah tersebut benar-benar cocok untuk anda sekeluarga. Adapun caranya, anda bisa berkonsultasi langsung kepada arsitek dan desainer interior tentang tema rumah yang diangkat. Tenang saja, bila budget yang dimiliki terbatas, anda bisa berkonsultasi secara gratis di forum-forum internet. Pertimbangkan saran dan pendapat dari para ahli, lalu kembangkan ide-ide yang sekiranya anda sukai.

Selamat berkarya!