Desain
Jul29

4 Kunci Penting Merancang Ruang Tamu Tradisional

ruang-tamu-tradisional.jpg

Merancang ruang tamu bergaya tradisional tidak hanya bisa diterapkan untuk rumah yang berukuran besar saja. Rumah mungil pun bisa menerapkannya, asalkan Anda mengetahui unsur-unsur penting untuk menciptakan dekorasi seperti ini. Dengan hanya mengubah tampilan unsur-unsur ini maka kesan tradisional pun bisa dengan mudah diciptakan.

Gaya tradisional berfungsi untuk menciptakan ruangan yang terlihat anggun dan cenderung formal. Sehingga sangat cocok diterapkan ke dalam rumah utama yang penuh dengan kebersamaan. Efek historis yang ditimbulkannya pun mampu menghadirkan kenangan bersama semasa kecil dulu.

Berikut ini unsur-unsur penting untuk membangun gaya tradisional khas arafuru.com :

1. Pencahayaan yang Menghasilkan Sinar Klasik

Pencahayaan memegang peranan paling penting dalam upaya menciptakan suasana ruangan yang bercitarasa tradisional ini. Jenis pencahayaan yang tepat untuk digunakan yaitu lampu kristal yang bisa diatur tingkat cahayanya. Selain itu, bisa juga dengan menghadirkan deretan lilin-lilin yang cantik sebagai pencahayaan khusus. Sinar cahaya lembut yang ditimbulkan dari kedua sumber cahaya ini mampu menghadirkan kesan ruang tamu yang terlihat dramatis.

2. Pewarnaan

Fungsi penggunaan warna di dalam penciptaan konsep tradisional adalah untuk memperkuat suasana ruangan yang ingin diciptakan serta sebagai sumber cahaya bayangan. Pewarnaan yang dimaksud adalah selain cat dinding, seperti kain dan jenis bahan furnitur. Pilih bahan kain yang terlihat berkilau dan jok kursi yang mengkilap. Tekankan skema pewarnaan ruangan pada tirai jendela dan pintu yang digunakan. Pastikan Anda tidak mempergunakan jenis warna-warna yang berlebihan dan terlihat ramai karena sangat bertolak belakang dengan konsep tradisional.

3. Pemilihan Sofa

Sofa yang bergaya tradisional adalah sofa dengan untaian kain halus pada bagian bawahnya. Kehadiran sofa seperti ini sangat cepat untuk memunculkan kesan tradisional ke dalam ruang tamu di rumah Anda. Sedangkan untuk kursi tamu, pilihlah kursi dari bahan kayu yang kuat dengan hiasan kain sebagai dudukannya.

4. Pemilihan Cat Dinding

Mewarnai dinding ruang tamu dengan cat yang tepat juga penting. Pilihlah warna yang sesuai dengan irama tradisional. Sebaliknya, hindari warna-warna berani dan gelap sebagai aksesoris konsep ruangan seperti ini. Desain ruang tamu tradisional memiliki sifat klasik, sehingga menjaga skema warna terlihat bijaksana itu penting.

Pada pembangunannya nanti, ruang tamu akan terlihat semakin tradisional dengan cara menambah koleksi foto keluarga tempo dulu. Biasanya foto ini berwarna hitam putih dan mampu menceritakan kisah keluarga besar Anda dengan cepat. Namun jika semasa kecilnya Anda tidak sempat mengabadikan momen-momen berharga dengan jepretan kamera, foto bisa diganti dengan foto berukuran besar yang menampilkan seluruh anggota keluarga. Selamat berkreasi!