Desain
Oct27

4 Ide Desain Taman Bergaya Minimalis dan Mudah Dirawat

Desain taman bergaya minimalis akan menjadi pelengkap yang manis rumah tinggal anda. Konsepnya yang mengedepankan kesederhanaan membuat taman ini mudah dibuat dan gampang dirawat. Oleh sebab itu, desain taman ini paling cocok diterapkan pada hunian di lingkungan perkotaan.

Ide-ide berikut akan membantu anda dalam menciptakan taman minimalis impian :

Tentukan Batasan yang Jelas

desain-taman-minimalis.jpg

Taman minimalis memerlukan batasan yang jelas agar pesona kesederhanaannya bisa terlihat jelas. Batasan yang dimaksud tidak hanya berupa pagar saja, melainkan juga warna, tanaman, dan bahan material. Batasan pada pagar berguna untuk menjaga sifat konsep minimalis yang tegas dengan memadukan kayu, logam, dan tanaman hidup.

Sedangkan batasan pada warna dilakukan dengan memanfaatkan warna-warni yang tidak terlalu ramai sehingga mampu menonjolkan warna alami dari masing-masing bahan material. Warna ini nantinya akan menyatu dengan baik bersama warna tanaman-tanaman di kebun anda. Misalnya, ketika anda menanam rumput hias, anda bisa memadukannya bersama cat dinding berwarna putih dan aksen material dari batu alam.

Tentukan Tanaman yang Ingin Dipelihara

inspirasi-desain-taman-minimalis.jpg

Usahakan dalam memilih tanaman yang ingin dipelihara, anda tetap membatasi jumlahnya agar suasana taman tetap terjaga keminimalisannya. Paling banyak, kami merekomendasikan tiga jenis tanaman yang masing-masing jumlahnya disesuaikan dengan ukuran tanaman dan ukuran taman.

Taman minimalis lebih cocok dipenuhi dengan tumbuhan berdaun hijau segar, bukan tanaman bunga. Tanaman berjenis sukulen, pakis, dan rerumputan akan menciptakan lingkungan yang hijau asri, tegas, dan mudah dirawat. Sementara tanaman berbunga, meskipun tampak lebih bagus, tetapi butuh perawatan yang lebih rumit dan keindahannya pun bersifat sementara.

Kombinasikan dengan Pot

contoh-desain-taman-minimalis.jpg

Membangun sebuah taman bergaya minimalis bukan berarti anda harus menanam semua tumbuhan tersebut di atas tanah. Berkat hadirnya beragam model pot saat ini, anda bisa memanfaatkannya untuk menciptakan kesederhanaan di lingkungan taman. Cobalah bermain pada ketinggian pot-pot ini sehingga menimbulkan relief yang menarik.

Sempurnakan dengan Ornamen Air

gambar-desain-taman-minimalis.jpg

Untuk menambah kesegaran dan keindahan di lingkungan taman, anda dapat menghadirkan aksen fitur air yang mengalir. Bunyi kucuran air yang ditimbulkan oleh hiasan ini akan menimbulkan nuansa taman yang terasa tenang. Paling cocok, taman minimalis dilengkapi dengan sungai buatan dengan air terjun mini di atasnya.