Desain, Desain Minimalis
May5

4 Desain Atap Rumah Minimalis

Sponsored Links

Bingung memilih desain atap rumah minimalis yang sesuai dengan model rumah anda? Kebanyakan bentuk atap rumah yang dibangun memiliki posisi miring. Hal ini bertujuan supaya air hujan yang jatuh di atasnya bisa langsung mengalir jatuh ke bawah dengan lancar. Kemudian pada awal abad kedua puluh, mulai muncul atap rumah dengan model baru yakni berpermukaan datar. Biasanya atap jenis ini diimplementasikan pada gedung-gedung besar dan balai pemerintahan negara. Tujuannya adalah untuk menambah nilai keindahan pada bangunan tersebut. Coba bayangkan, secara umum bentuk setiap sisi rumah adalah persegi. Dengan membuat atap yang datar, maka keindahan dinding pada masing-masing sisi bangunan bisa diolah semaksimal mungkin.

desain-atas-rumah-minimalis.jpg

Desain Atap Rumah Minimalis

Sementara itu, kelebihan dari atap dengan permukaan seperti ini, antara lain :

  1. Bisa dimanfaatkan sebagai loteng ataupun gudang.
  2. Apabila terbuat dari bahan material yang kuat, bisa dijadikan sebagai ruang berkumpul maupun roof garden.
  3. Berfungsi sebagai jalan keluar darurat apabila terjadi apa-apa di dalam rumah.

Lalu, apa sajakah jenis-jenis desain atap rumah minimalis itu?

1. Atap dengan Permukaan Datar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu jenis desain atap adalah berbentuk datar. Saat ini, banyak orang yang tertarik dengan atap berbentuk datar karena kesan modern yang diciptakannya begitu kuat. Dengan gaya seperti ini, maka tampilan dinding rumah bisa dinikmati secara penuh dan terlihat unik. Perlu Anda ketahui, biasanya, rumah lama yang hendak dijual akan direnovasi bagian atapnya agar berbentuk datar. Tujuannya adalah agar rumah tersebut terlihat seperti bangunan baru. Oleh karena itu, ketika Anda ingin membeli rumah, jangan lupa memeriksa bagian atap ini juga. Sedangkan jika Anda ingin menerapkan bentuk atap minimalis ini pada rumah Anda, selalu pilih bahan material yang berkualitas terbaik dan teruji mampu bertahan lama.

2. Atap dengan Taman

Salah satu kekurangan atap bergaya minimalis adalah bangunannya yang terlihat kaku. Tidak seperti yang tradisional, gaya minimalis cenderung kurang bisa menyatu dengan bagian dasar rumah. Nah, untuk membuatnya agar tetap terlihat cantik, salah satu caranya adalah dengan membuat roof garden atau taman atap. Adapun untuk prosedur pembuatan roof garden ini, Anda bisa membacanya di sini.

3. Atap Berjenis Membran PVC

Bentuk permukaan yang datar pada desain atap ini mengakibatkannya mudah rusak. Sisa air hujan yang menggenang dan terpaan sinar ultraviolet secara terus-menerus merupakan contoh faktor perusaknya. Bagaimana cara mengatasinya? Salah satunya adalah dengan memakai atap berjenis membran. Jenis atap ini, selain memiliki desain minimalis, juga dilengkapi dengan kemampuan tahan terhadap sinar matahari langsung, air hujan, dan suhu udara yang rendah. Untuk pemasangannya sangat mudah karena Anda bisa menggunakan sejenis perekat khusus untuk atap. Ingat, agar selalu memperhatikan kualitas atap PVC yang Anda pergunakan. Atap PVC yang baik mampu bertahan sampai lebih dari 20 tahun masa pemakaian.

4. Atap Datar yang Bertingkat

Selain membuat roof garden, untuk menghilangkan sifat kaku atap minimalis, Anda juga bisa membuatnya terlihat manis dengan bentuk yang bertingkat. Sebagai contoh, rumah Anda terdiri dari tiga bagian yaitu bangunan utama dua lantai ruang tamu yang terpisah di sampingnya, dan garasi mobil. Bangunlah masing-masing bagian ini dengan sebuah atap datar yang terpisah. Sehingga nantinya desain atap rumah minimalis Anda akan terlihat seperti bertingkat-tingkat dan unik.

Tags: atap desain minimalis

Sponsored Links

Rate this article!

  • SHARE!

Related Posts