Desain
Feb9

3 Kiat Membangun Rumah dengan Budget Murah

Membangun rumah ideal dengan budget yang murah mungkin menjadi salah satu impian anda. Hal ini wajar, sebab rumah sebagai kebutuhan primer harus dimiliki setiap orang sebagai tempat tinggalnya. Akan tetapi, mahalnya biaya pembangunan rumah seakan membatas keinginan untuk memiliki rumah sendiri yang sesuai dengan kesukaan dan karakteristik anda sekeluarga.

membangun-rumah-murah.jpg

Supaya bisa menekan budget dan memanfaatkannya secerdik mungkin, anda bisa mengikuti kiat-kiat berikut ini :

1. Gunakan Bahan Bangunan yang Berharga Murah

Langkah pertama untuk menghemat biaya pembangunan rumah adalah dengan memanfaatkan bahan bangunan yang murah. Meskipun harganya lebih rendah, anda tetap harus memperhatikan kualitas dari bahan tersebut apakah layak pakai atau tidak. Misalnya tren saat ini, banyak bangunan memakai bambu yang telah diawetkan sebagai pengganti baja tulangan. Meskipun harganya lebih murah, struktur bambu juga terbukti mampu bertahan hingga puluhan tahun. Contoh lainnya, anda bisa juga memanfaatkan kayu-kayu bekas untuk dibentuk menjadi pintu dan kusen.

Selain dengan cara subtitusi, anda bisa merendahkan kebutuhan anggaran melalui teknik pemasangan yang lebih efektif. Contohnya dalam memasang batu bata sebagai dinding ruangan, selain menyusunnya seperti biasa, cobalah menerapkan batu bata tadi dengan jarak tertentu sehingga hasil akhirnya permukaan dinding tampak berlubang-lubang. Cara ini memungkinkan jumlah material yang dibutuhkan lebih sedikit.

2. Sistem Struktur yang Efisien

Perencanaan sistem struktur yang efisien juga berpengaruh besar terhadap anggaran kontruksi rumah. Hal ini disebabkan karena biaya yang diperlukan dalam pendirian struktur rumah biasanya memakan 40 sampai 50 persen dari total biaya pembangunan secara keseluruhan.

Sebagai contoh dalam perencanaan struktur atap rumah, pemakaian atap berbahan fiber semen akan menghabiskan biaya yang lebih rendah ketimbang atap genteng. Tidak lain karena pemasangan atap fiber semen tidak membutuhkan kayu reng dan kaso.

Contoh yang lainnya, semisal lebar rumah anda tidak lebih dari 4 meter maka anda tidak perlu membangun struktur kuda-kuda untuk rumah bertingkat. Sebenarnya, jarak antar-lantai cukup 2,5 meter apabila mempunyai ventilasi dan bukaan yang sesuai ukuran ruangannya. Dengan cara seperti ini, anda bisa menekan biaya untuk struktur kolom, tangga, dan dinding rumah.

Sedangkan untuk menghemat biaya pembangunan lantai dua, anda bisa mengaplikasikan struktur rangka multipleks yang dilapisi semen cor dan keramik. Hal ini memungkinkan bobot strukturnya lebih ringan sehingga kebutuhan balok dan kolom penyangganya pun jauh lebih sedikit.

3. Pergunakan Jasa Arsitek yang Tepat

Saat ini, masih banyak masyarakat yang menganggap jika pemakaian jasa arsitek itu selalu mahal. Faktanya tidak demikian. Seperti pada jasa profesi lainnya, rentang biaya untuk menyewa tenaga arsitek beranekaragam. Malahan tidak sedikit arsitek yang menawarkan jasanya dengan harga yang jauh dari harga normal, terutama mereka yang masih mengumpulkan portfolio.

Manfaat pemakaian jasa arsitek pada proses pembangunan rumah ini begitu besar. Arsitek dapat membantu anda dalam merencanakan anggaran sehingga lebih menghemat biaya pembuatan struktur, ruangan, dan pemilihan bahan bangunan yang tepat. Penggunaan jasa arsitek pun membantu anda dalam merancang desain rumah yang indah.