Desain
Jan21

3 Ide Simple Desain Ruang Makan yang Sehat

Apakah anda tertarik menghadirkan ruang makan yang sehat di rumah? Belakangan ini, kebiasaan menikmati hidangan secara bersama-sama di ruang makan mulai luntur. Padahal aktifitas ini merupakan suatu kegiatan yang positif. Dengan membiasakan diri bersantap bersama, maka akan tercipta sebuah keluarga yang sehat dan bisa saling mengerti.

desain-ruang-makan-yang-sehat.jpg

Contoh Desain Ruang Makan yang Sehat

Jika anda tertarik untuk menghidupkan kembali acara makan bersama di rumah, anda bisa memulai dari penataan desain ruang makannya. Berikut ide-ide dari Arafuru.

  1. Kegiatan makan bersama di rumah sebaiknya dilakukan dengan benar tanpa terganggu oleh aktifitas yang lain. Sebagai contoh, apabila ruang makan menyatu dengan ruang keluarga, sebisa mungkin buatlah suasana di ruang makan tersebut tidak dirusak oleh tayangan televisi di ruangan sebelah. Biasanya hal ini dilakukan oleh anak-anak yang lebih memilih makan di depan TV LCD yang notabene kurang baik.
  2. Agar suasana di ruang makan tetap terjaga, bangunlah partisi yang memisahkan ruangan ini dengan ruang-ruang di sekitarnya. Anda tidak harus mendirikan dinding masif sebagai pembatas kok. Beberapa partisi visual juga terbukti ampuh memastikan perhatian anda sekeluarga tidak teralihkan pada hal lain selama ritual makan berlangsung.
  3. Pengaturan tata letak kursi dan meja makan juga efektif menjaga nuansa keakraban di ruang makan. Misalnya anda dapat mengatur posisi ruang makan membelakangi televisi sehingga fokus penglihatan hanya tertuju pada meja makan.

Dari ide-ide di atas, yang paling penting adalah komitmen anda dalam membiasakan keluarga untuk bersama-sama menikmati hidangan di rumah. Dari kegiatan rutinitas di ruang makan ini, diharapkan seluruh anggota sekeluarga dapat saling pengertian dan memahami. Sehingga sebuah keluarga yang sehat dan ideal bisa tercipta dari aktifitas yang sederhana ini.

Selamat mencoba.