Desain
Aug9

3 Ide Desain Rumah Jepang Bergaya Modern

desain-rumah-jepang-bergaya-modern.jpg

Desain rumah jepang modern bagi beberapa kalangan khususnya mereka yang pernah tinggal di Negeri Sakura, pasti ingin mewujudkannya. Dikarenakan kekhasan rumah-rumah di Jepang begitu kuat, sebaiknya anda tetap memunculkan kekhasan tersebut di dalam rumah. Penambahan sentuhan modern dilakukan untuk mengangkat nilai rumah sekaligus menyesuaikannya dengan kondisi alam di Indonesia.

Berikut ini tiga ide tersebut selengkapnya :

Ide #1 : Bagaimana Memodernkan Pencahayaan?

Tahukah anda, elemen terpenting pada rumah bergaya jepang adalah pencahayaan. Rumah-rumah di negara ini selalu menggunakan pencahayaan jenis kuning sehingga juga akan menghasilkan suhu panas. Biasanya, lampu-lampu tersebut di letakkan di dalam lampion yang terbuat dari kertas maupun kaca. Hasilnya adalah cahaya di ruangan sama sekali tidak menyilaukan mata.

Nah, pada rumah yang bernuansa lebih modern, sumber cahaya buatan bisa berupa lampu kristal sederhana dengan tetap menggunakan lampu kuning sebagai komponen utamanya. Sedangkan, jika anda menghendaki lampion, bahan kaca dan kertas bisa diganti dengan bahan lain yang lebih modern, seperti lampion dari kaca buram, cermin satu arah, susunan batu kristal, dan sebagainya. Adapun ruangan yang paling penting mendapatkan pencahayaan ini adalah kamar tidur dan kamar mandi.

Ide #2 : Kekuatan Springbed dan Kain Lembut

Seperti kita ketahui, masyarakat Jepang sama sekali tidak menggunakan ranjang tidur. Mereka biasanya menggelar kasur langsung di atas lantai dengan berlandaskan karpet. Karena kebiasaan ini sudah melekat sekali, maka anda sebaiknya tidak mengganti model kamar tidur seperti ini.

Pengubahan suasana kamar tidur ke suasana yang modern masih bisa dilakukan pada bahan-bahan penyusun kamar tidur tersebut. Misalnya adalah kasur yang umumnya terbuat dari kapas, rumput, dan wol bisa diganti dengan springbed. Begitu juga dengan sprei dan selimut yang tebal bisa diganti dengan bahan kain yang lembut, lebih tipis, dan bermotif modern.

Ide #3 : Pintu dan Jendela Geser

Terakhir, rumah jepang tidak terlalu memperhatikan penggunaan furnitur dan aksesoris. Permainan desain terletak pada komposisi lantai, dinding, dan langit-langit yang harmonis. Dari ketiga komponen ini, dindinglah yang memiliki pengaruh paling kuat.

Permainan desain pada area dinding, mencakup pada penggunaan pintu dan jendela. Model pintu dan jendela biasanya dibuka-tutup dengan menggesernya. Ciri khas lainnya, pintu rumah jepang berbentuk persegi panjang sedangkan jendelanya berbentuk persegi.

Dari sini, anda pasti sudah menerka jika permainan desain rumah yang kami maksud adalah mengganti bahan pintu dan jendela tersebut, dari kertas menjadi bahan lain yang lebih modern dan lebih awet. Ada banyak sekali bahan pintu dan jendela yang dapat anda gunakan, mulai dari kayu, kaca, stainless steel, fiber glass, logam, dan lain-lain. Kuncinya sesuaikan bahan-bahan yang akan dipakai dengan kesan yang ingin anda tampilkan dari pintu dan jendela tersebut.