10 Kelebihan dan 5 Kekurangan Rumah Minimalis Type 36

Sebagai tempat tinggal, semua manusia pada dasarnya membutuhkan rumah. Rumah mampu memberikan jaminan rasa aman dan nyaman. Namun sayangnya harga rumah sekarang begitu mahal. Bahkan saking mahalnya, harga rumah saat ini sudah tidak wajar lagi. Akibatnya hanya segelintir orang saja yang sanggup membeli rumah. Kondisi ini jelas tidak menguntungkan, baik untuk developer maupun orang-orang yang hendak membeli rumah.

Berbagai siasat pun coba dilakukan untuk membuat kemampuan membeli rumah masyarakat menjadi naik. Di antaranya yaitu developer menghadirkan rumah yang ukurannya lebih kecil tanpa mengesampingkan fungsi dasar rumah itu sendiri. Rumah ini hadir dengan berbagai type. Salah satunya yang menjadi favorit adalah rumah type 36. Maksud dari rumah type 36 adalah rumah tersebut memiliki luas 36 m2. Ukuran yang umum biasanya adalah 6 x 6 m.

Rumah type 36 mempunyai ukuran panjang 6 m dan lebar 6 m. Kelihatannya ukurannya kecil ya. Penyebabnya tidak lain karena rumah type 36 ditujukan untuk masyarakat menengah ke bawah yang ingin mendapatkan rumah dengan harga yang terjangkau. Dengan ukurannya yang kecil alias tidak terlalu besar, rumah ini juga cocok bagi Anda yang masih sendiri, pasangan yang baru menikah, atau keluarga kecil dengan 1-2 anak.

kelebihan-dan-kekurangan-rumah-36.jpg

Rata-rata rumah ini didesain dengan konsep minimalis. Desain minimalis akan membuat tampilan rumah type 36 menjadi terlihat modern dan berkelas. Kesan luas pun tercipta berkat desain minimalis yang memang sederhana, bersih, tidak neko-neko, dan pas sesuai fungsinya. Walaupun ukurannya kecil, tetapi kondisi di dalamnya interiornya akan terlihat lapang. Jauh dari kesan sempit dan menyesakkan. Kesan ini tercipta berkat penerapan desain minimalis.

Rumah minimalis type 36 mempunyai sejumlah kelebihan yang meliputi :

  1. Harga Unitnya Terjangkau

Kalau dibandingkan dengan unit-unit rumah yang lainnya, unit rumah type 36 adalah unit yang ukurannya paling kecil. Dengan luas hanya 36 m2, unit ini dibanderol dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Rata-rata masyarakat mampu menjangkau harga unit rumah tersebut. Sebuah pilihan yang tepat apabila penghasilan Anda tak terlalu tinggi, namun Anda tetap ingin membeli sebuah unit rumah di perumahan.

  1. Interior Tampak Lapang

Memang benar jika lapang tidaknya suatu rumah sangat dipengaruhi oleh ukurannya. Tetapi ukuran bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan suasana yang di dalam rumah. Masih banyak faktor lain yang mempengaruhi suasana interior rumah. Desain rumah tersebut menjadi faktor yang paling penting. Itu sebabnya, developer sengaja mengusung desain minimalis untuk rumah type 36 supaya tampak lapang berkat suasananya yang bersih dan sederhana, namun tetap berkelas.

  1. Perawatannya Mudah

Beruntunglah bagi Anda yang mempunyai rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Mengapa? Secara praktis Anda tidak akan mengalami kerepotan dalam merawat rumah tersebut. Bangunan rumah, interior, dan barang-barang di dalamnya jauh lebih mudah dirawat. Tak akan ada kesulitan yang berarti selama merawat rumah ini. Anda pun bahkan dapat melakukan semua pekerjaan untuk merawat rumah sendiri.

  1. Gampang Dibersihkan

Keuntungan lain dari memiliki rumah berukuran 36 m2 yaitu proses pembersihannya yang lebih mudah dilakukan. Rumah menjadi lebih gampang dibersihkan. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat Anda tidak akan lelah dalam membersihkan rumah tersebut maupun menjaga kebersihannya. Kondisi setiap bagian rumah pun menjadi lebih terpantau oleh Anda. Tidak ada ruang bagi kotoran untuk hinggap di rumah Anda.

  1. Proses Desain Lebih Cepat

Membuat desain minimalis untuk rumah type 36 tidak terlalu sulit. Begitu pula dengan interiornya yang ingin dibangun dengan desain minimalis pun relatif mudah dilakukan. Ukuran bidang yang kecil membuat Anda bakal lebih mudah dalam mendekorasi serta menghiasinya memakai konsep minimalis. Waktu pengerjaan untuk membuat desain rumah minimalis pada unit tersebut juga akan lebih cepat.

  1. Kebutuhan Barang Sedikit

Desain minimalis pada dasarnya adalah desain yang menggunakan barang seminimal mungkin namun tetap mementingkan fungsi dari rumah tersebut. Semakin sedikit jumlah furniture yang dimasukkan ke dalam rumah, maka akan semakin bagus. Jadi konsep minimalisnya akan tetap terjaga. Lantas bagaimana cara agar kita tetap dapat menjaga fungsi rumah tersebut? Tidak lain yaitu memakai barang-barang yang bersifat multifungsi.

  1. Masalahnya Tidak Banyak

Ukuran rumah yang kecil ditambah dengan penerapan desain minimalis membuat unit rumah bertipe 36 ini begitu nyaman dihuni. Bangunannya sangat aman dan sanggup memberikan perlindungan maksimal kepada para penghuninya. Rumah tersebut juga tidak akan mengalami banyak masalah. Walaupun ada masalah yang mungkin terjadi nanti, pasti masalahnya tidak terlalu pelik. Kami yakin Anda bisa mengatasinya sendiri.

  1. Biaya Renovasi Murah

Seiring berjalannya waktu, bangunan tidak dapat dihindarkan dari kerusakan. Sedikit demi sedikit bagian-bagian rumah akan rusak. Wajib hukumnya bagi Anda melakukan renovasi terhadap rumah secara berkala agar kondisi konstruksi dan strukturnya tetap terjaga dengan baik. Nah, manfaat lain dari memiliki rumah minimalis type 36 adalah Anda memerlukan biaya yang lebih sedikit untuk merenovasinya.

  1. Keluarga Lebih Hangat

Salah satu penyebab hubungan keluarga yang tidak harmonis yaitu komunikasi yang tidak lancar. Antara masing-masing anggota keluarga tidak menjalin komunikasi yang baik sehingga memunculkan praduga-praduga yang buruk. Kondisi ini biasanya terjadi akibat komunikasi di rumah yang tidak lancar. Jika Anda mempunyai rumah type 36, Anda sekeluarga akan dapat menjalin komunikasi yang lebih lancar. Area interior yang tidak terlalu luas membuat Anda dan keluarga bakal sering bertemu di satu ruangan.

  1. Komunikasi Lebih Lancar

Dengan luas yang dimilikinya, tinggal di rumah type 36 membuat Anda dan keluarga dapat menjalin komunikasi secara lancar. Anda lebih mudah berkomunikasi dengan anggota keluarga yang lain meskipun berada di ruangan yang berbeda. Bahkan meski Anda berada di teras depan, Anda tetap bisa berbicara dengan orang yang berada di halaman belakang rumah ini. Kondisi ini tentu akan mendukung keharmonisan rumah tangga Anda.

rumah-minimalis-type-36.jpg

Namun di sisi lain, rumah minimalis type 36 juga mempunyai banyak kekurangan. Di antaranya yaitu :

  1. Ukuran rumah yang kecil membuat suasananya di dalamnya terasa sempit. Anda harus pintar dalam menata rumah tersebut supaya tercipta kesan rumah yang lebih luas.
  2. Jangan harap Anda bisa mondar-mandiri di rumah ini. Luas interior yang terbatas membuat Anda sekeluarga tidak dapat bergerak dengan leluasa di dalamnya.
  3. Dampak lain dari ukuran rumah yang tidak terlalu besar yaitu rawan sekali kebisingan. Suara-suara dari ruangan lain akan terdengar jelas meski sudah terhalangi tembok.
  4. Desain minimalis yang diusung oleh rumah type 36 tidak selamanya bisa mengangkat nilai rumah tersebut. Sebab lama-kelamaan tampilan rumah terlihat monoton.
  5. Dengan ukuran yang tidak terlalu luas, maka secara praktis tempat penyimpanan di dalam rumah ini juga sangat terbatas. Anda tidak dapat menyimpan benda secara leluasa.