Desain
Jul14

Tren Desain Rumah Modern di 2013

desain-rumah-modern.jpg

Mendekorasi rumah merupakan suatu langkah untuk menciptakan lingkungan tempat tinggal yang nyaman. Melalui proses mendesain, kita bisa menentukan konstruksi rumah seperti apa yang sesuai dengan kehidupan kita sehari-hari. Saat ini, ada bermacam-macam desain rumah yang biasa dibangun. Tetapi, untuk yang sedang trend saat ini, tidak lain dan tidak bukan adalah desain rumah modern.

Desain rumah modern memadukan unsur kesederhanaan dan teknologi tinggi. Untuk penciptaanya, bisa dilakukan melalui pemilihan warna, tekstur dan bentuk garis yang tegas. Oleh sebab itu, ada juga yang menganggap bahwa konsep modern ini adalah kombinasi dari beberapa desain rumah terdahulu.

Jika Anda ingin menciptakan suasana lingkungan rumah yang modern, berikut ini 10 ide yang bisa Anda terapkan di rumah :

Desain

Seperti halnya desain minimalis, desain modern juga berkonsentrasi pada fungsional ruangan. Artinya penambahan furnitur hanya dilakukan seperlunya saja dan usahakan memilih furnitur yang sudah hi-tech. Di setiap ruangan hampir selalu ada perangkat elektronik yang juga berfungsi sebagai penghias. Sementara itu, material yang digunakan berupa beton, baja dan kaca. Permainan desain bisa dilakukan melalui pemilihan jenis kaca yang digunakan. Seluruh desain interior juga terdiri dari bentuk-bentuk yang jelas nyaris tanpa lengkungan.

Fungsi

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, fungsi merupakan faktor yang paling diperhatikan di desain ini. Oleh karena itu sebelum Anda mendesain seluruh interior rumah, pastikan Anda telah meneliti sketsa ruangan dan setiap sudut berhasil saling melengkapi. Semua ruang dan furnitur yang ada harus berfungsi semaksimal mungkin.

Warna

Warna netral dengan tambahan sedikit warna terang sebagai aksen adalah pilihan tepat untuk warna rumah modern. Sebaliknya, warna pastel tidak cocok digunakan pada desain ini. Memilih warna favorit adalah solusi lain untuk menciptakan rumah yang sesuai dengan kepribadian Anda. Beberapa contoh warna modern antara lain merah ceri, hitam, kombinasi putih dan abu-abu, jingga, kombinasi krem dan coklat, serta kombinasi coklat muda dan putih gading.

Pencahayaan

Rumah modern memanfaatkan teknik pencahayaan yang tertata baik. Hal ini terlihat dari sebagian besar ruangan di dalamnya dihiasi oleh cahaya dan partisi dari kaca transparan. Penggunaan lampu pin, lampu dinding, lampu sorot, dan lampu dengan hiasan membantu lampu utama dalam memberikan pencahayaan di malam hari.

Tata Letak

Untuk penataan interior dan furnitur di dalam rumah, tempatkan lah pada posisi dengan garis yang bersih. Pilih hiasan rumah dengan bentuk padatan, garis-garis, pola geometris dan abstrak. Motif hewan bisa ditambahkan pada karpet bertekstur halus dan hiasan dinding. Hindari menambahkan hiasan interior berupa ornamen yang bertali.

Jendela

Saat ini, tersedia berbagai model jendela untuk melengkapi desain eksterior rumah. Untuk desain modern, kebanyakan memilih jendela kaca dengan kusen dari alumunium dan kayu kokoh. Sesuaikan kebutuhan cahaya di dalam rumah melalui pemilihan ukuran jendela. Semakin besar jendela maka semakin banyak pula cahaya yang bisa masuk. Sementara untuk gaya modern, tentu jendela yang lebar adalah pilihan terbaik untuk memaksimalkan cahaya alami.

Tempat Penyimpanan

Menambahkan tempat-tempat penyimpanan yang unik di interior modern merupakan cara yang tepat. Melalui langkah ini, Anda bisa memiliki rumah yang selalu rapi dengan hiasan unik. Kelompokkan satu jenis barang ke satu penyimpanan dan jangan dicampuradukkan. Pisahkan mana yang merupakan benda-benda koleksi, pakaian, file penting, dan lain-lain. Pada bagian dapur modern, tempat penyimpanaannya berupa kabinet dengan banyak laci. Pasang lemari gantung untuk menghemat ruang dan naikkan sampai menyentuh langit-langit agar tidak terlihat kusam.

Ruang

Rumah modern memiliki suasana interior yang terbuka. Anda bisa menciptakannya melalui model langit-langit yang tinggi. Gunakan furnitur built-in agar bentuk dan ukurannya bisa disesuaikan dengan ruangan.

Furnitur

Furnitur sederhana seperti vinil lembut, plastik dan metal selalu menjadi penghias yang manis di rumah modern. Bisa juga memilih kayu yang dipernis dengan ukuran ramping. Jangan lupa untuk menyesuaikan warna furnitur. Hindari menggunakan furnitur antik karena tidak sesuai dengan suasana modern.

Dekorasi dan Aksesoris

Dalam memilih hiasan ruangan, pastikan memilih aksesoris berbentuk tegas dan memiliki warna sesuai interior. Pemasangan lukisan juga harus yang terlihat modern, elektrik atau kontemporer. Penambahan aksesoris lainnya memiliki ukuran ramping dan halus dengan tetap menjaga sifat keminimalisannya.